RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — JAKARTA, — PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor resmi kendaraan niaga dari Mitsubishi FUSO Truck and Bus Corporation (MFTBC) di Indonesia, sukses mempertahankan pangsa pasar No. 1 untuk segmen kendaraan niaga selama 53 tahun dan mengumumkan strategiterbarunyauntuk tahun 2024 dalam menghadapipasarkendaraanniaga melalui acara Media Gathering pada tanggal 8 Maret 2024.
Sebelumnyaditahun 2023, kondisipasarkendaraanniagadi Indonesia mengalamidinamika yang cukup bergejolak dan mengalami penurunan permintaan hingga 9% jika dibandingkantahun lalu, dengan volume pasarsebanyak 84.957 unit. Kendati kondisi pasar penuhtantangan, Mitsubishi FUSO tetap berhasil mempertahankan sebagai Market Leader dengan raihan Market Share sebesar 39,2% atausetara dengan 33.283 unit. Penyumbang terbesar penjualan tersebut berasal dari Canter di kelas light duty truck (LDT) sebanyak 29.062 unit dengan pangsa pasar 53% . Sedangkan di kelas medium duty truk (MDT), Fighter X mencatat pertumbuhan positif dengan pangsapasar 18% atausebanyak 4.179 unit.
Tak hanya dari segi penjualan, beragam aktivitas layanan purnajualtelah dilakukan Mitsubishi seperti perluasan layanan after sales serviceseperti Bengkel Siaga 24 Jam, parts depo, dan mobile workshop service, serta menambahjaringan dealer yang saat ini total 222 sehingga Mitsubishi Fuso semakin dekat dengan konsumen. Inovasi juga tidak henti dilakukan seperti Digital Operation MyFuso App & Telematic Runner 3.0 yang fokus untuk meningkatkan layanan demi kepuasankonsumendan hadir lebih dekat dengan konsumensecara digital.
Aji Jaya, Sales & Marketing Director PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors menjabarkan, “ dari aspek purnajual, Mitsubishi FUSO berhasil mencatatkan rekor penjualan spare part tertinggi pada tahun 2023, naik hingga 17% jika dibandingkan tahun 2022. Dengansemakin banyaknya penjualan spare part tentunya menjadi tujuan kami untuk menjaminan ketersediaan spare part di seluruh wilayah Indonesia sehingga memudahkan bagi konsumen untuk melakukan perawatan dan perbaikan kendaraan operasional mereka. ”
Di tahun 2024, KTB menargetkan untuk terus meningkatkan market share Mitsubishi Fuso menjadi 41% atau tumbuh sebesar 1,8% dengan total unit 34.850. “Kami akan mengusung strategi “customer-first” untuk mencapai target itu. Kami berkomitmen untuk selalu melakukan inovasi tidak hanya produk namun juga layanan dan teknologi terbaru yang sesuai untuk bisnis konsumen. Fuso akan mendengarkan masukan konsumen dan menyediakan Solusi bisnis yang tepat sesuai dengan harapandan kebutuhan konsumen”,tambah Aji Jaya.
Beberapa strategi untuk menghadapi 2024 adalah menyediakan produk dan layanan yang disesuaikan dengan karakter, area, dan jenis bisnis konsumen, meningkatkan pelayanan dealer dengan menambah dealer-dealer berstatus Fuso Pro-Shop, dan digitalisasi dengan mengembangkan fitur Runner yaitu Bengkel Runner.
Menyambut bulan Ramadhan ini, Mitsubishi Fuso juga menyediakan berbagai promo service yang menguntungkan bagi konsumennya. Diantaranya, untuk konsumen yang ingin mendapatkan penanganan service cepat dengan fasilitas Fast Lane terdapat diskon 10% untuk penggantian filter oli dan filter solar, diskon 20% untuk oli mesin, dan diskon 10% untuk jasa pengerjaan. Disamping itu, Bengkel Siaga 24 Jam dan Mobile Workshop Service juga tetap beroperasi penuh selama bulan Ramadhan sampai Lebaran.
Lebih lanjut, di Juli 2024 ini, Mitsubishi FUSO akan secara resmi meluncurkan truk listrik yaitu eCanter. Tahap awal penjualan akan dilakukan di wilayah Jabotabek, dengan target utama dari sektor bisnis logistik. Dengan berbagai strategi baru ini, Mitsubishi FUSO bertekad untuk memperkuat posisinya sebagai distributor Mitsubishi FUSO di Indonesia dan terus memenuhi kebutuhan konsumendari beragam sektor industri.
Tentang KTB
PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) merupakan authorized distributor dari Mitsubishi Fuso Truck & Bus Corporation (MFTBC), memasarkan produk kendaraan niaga (Canter dan Fighter-X). Sejak pertama kali hadir di tahun 1970 Mitsubishi Fuso bertahan memimpin pasar dengan populasi kendaraan niaga terbesar di Indonesia.
Tentang MFTBC
Berbasis di Kawasaki, Jepang, Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC) merupakan salah satu produsen kendaraan komersial terkemuka di Asia, dengan 89,29% sahamnya dimiliki oleh Daimler Truck AG dan 10,71% dimiliki oleh berbagai perusahaan grup Mitsubishi. Sebagai ikon dalam industri kendaraan niaga Jepang dengan sejarah panjang lebih dari 90 tahun dengan merek FUSO, MFTBC memproduksi berbagai kendaraan niaga termasuk truk dan bus ringan, sedang, dan berat, serta mesin industri untuk lebih dari 170 pasar di seluruh dunia. Pada tahun 2017, MFTBC memperkenalkan eCanter, truk tugas ringan bertenaga listrik pertama yang diproduksi secara seri dan pada tahun 2019, Super Great – truk tugas berat pertama di Jepang yang dilengkapi dengan Teknologi Dukungan Pengemudian Otomatis Level 2, yang merupakan tolok ukur di pasar kendaraan komersial Jepang. MFTBC beroperasi di bawah payung Daimler Truck Asia, bersama dengan organisasi mitranya, Daimler India Commercial Vehicles (DICV) di India. Unit strategis ini memungkinkan kedua entitas untuk berkolaborasi dalam berbagai bidang seperti pengembangan produk, pengadaan suku cadang dan produksi untuk memberikan nilai terbaik bagi pelanggan.
Tentang eCanter
eCanter adalah truk listrik yang diproduksi secara seri pertama kali di pasar Jepang yang dikembangkan oleh MFTBC sebagai solusi untuk masalah lingkungan perkotaan seperti kebisingan, gas buang, dan emisi CO2. Karena eCanter bebas emisi lokal dengan motor listriknya dan menghasilkan lebih sedikit kebisingan dan getaran dibandingkan dengan kendaraan bertenaga diesel konvensional, eCanter sangat cocok untuk rute dalam kota serta operasi pada larut malam dan dini hari. Setelah peluncuran model pertama pada tahun 2017, MFTBC merilis model yang disempurnakan dengan peralatan keselamatan yang lebih baik pada bulan Agustus 2020. Sejak diluncurkan, truk ini telah dipilih oleh pelanggan di Jepang, Eropa, Amerika Serikat, Australia, danSelandia Baru. Pada bulan Maret 2023, MFTBC membukapesanan untuk eCanter yang telah bertransformasisepenuhnya dengan jumlah varian yang diperluas secara signifikan untuk memenuhi berbagai kebutuhan bisnis. Model baru ini juga dijadwalkan untuk diluncurkan di pasar luar negeri lainnya.