Pendukung Caleg di Malteng Bentrok

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Dua pendukung calon anggota legislatif Maluku Tengah, Jailani Tomagola dan Jopie Lasamahu, bentrok. Saling lempar batu terjadi akibat perselisihan suara antara kedua caleg itu, Selasa, 12 Maret 2024.

Aksi yang terjadi di depan Kantor DPRD dan KPU Malteng ini menyebabkan satu warga atas nama David Sopacua alami luka terkena batu.

Peristiwa ini berawal ketika, Jopie Lasamahu, Caleg Partai Demokrat, tiba di depan Kantor DPRD, Jalan R.A.Kartini RT 13, Kelurahan Namaelo, Kecamatan Kota Masohi, Selasa pagi.

Saat itu sekelompok pendukung Jailani Tomagola yang dipimpin Husein Tomagola dan Adex Tomagola, berada di depan Kantor KPU, langsung menyuruh Jopie untuk kembali.

Sekira pukul 11. 40 WIT, tiba-tiba di depan Kantor DPRD, terjadi konsentrasi massa dari kedua komunitas, baik dari Amahai maupun Tamilouw.

Sehingga saling lempar dengan menggunakan batu dan kayu tak terhindarkan. Satu warga dari Amahai, David David Sopacua alias Dev (48) kena lemparan.

Tidak saja konsetrasi massa, pemalangan jalan juga dilakukan warga Amahai di beberapa titik di Kecamatan Amahai.
Kompleks Kamar Gelap Lingkungan Namano, Jalan Karai, dan Dusun Pera, dengan menggunakan pohon yang ditebang untuk menutupi badan jalan.

Sekitar pukul 12.20 WIT, personel Polres Malteng, dibantu oleh TNI dalam hal ini Babinsa mendatangi lokasi pemalangan jalan dan bernegsiasi dengan massa aksi yang ada.

Pukul 14. 30 WIT, palang jalan yang ada Kompleks Kamar Gelap Dusun Namanodi, Karai, Dusun Pera, dibuka. Para pengguna jalan juga sudah bisa lewat.

Kasi Humas Polres Malteng Iptu Mapasini mengatakan bahwa sempat terjadi ketegangan yang berujung pemalangan jalan, tapi setelah ada negosiasi aparat kepolisian dan TNI, jalan pun dibuka.

“Sudah aman. Sejauh ini kendaran sudah bisa lewat,” jelasnya.

Meskipun aman, namun penjagaan masih dilakukan.

“Aparat keamanan baik polisi maupun TNI masih berjaga-jaga dan melakukan patroli di beberapa titik tempat pemalangan jalan,” jelasnya.

Sementara kondisi Kantor DPRD dan KPU juga telah kondusif pasca saling lempar Selasa pagi.

“Pleno di KPU berjalan aman dan kondusif. Begitu juga di Kantor DPRD Malteng,” tandasnya. (AAN)

  • Bagikan