Kemenag Maluku Terapkan Pola EHA

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku, Djumadi Wally, mengonfirmasi, bahwa penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun ini akan menggunakan pola Embarkasi Haji Antara (EHA) Maluku. Dimana, Jamaah Calon Haji (JCH) akan diterbangkan langsung dari Bandara Pattimura Ambon, ke Bandara Sultan Hasanuddin Makassar Provinsi Sulawesi Selatan, tanpa harus menginap lagi di Embarkasih Haji Sudiang.”Jadi hanya tukar pesawat saja di Bandara Sultan Hasanuddin kemudian diterbangkan ke Arab Saudi,” ujar Djumadi, Selasa, 6 Februari 2024.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Ambon, Facrurrazy Hasanusi, menyambut positif kebijakan pemberlakukan pola EHA di musim Haji Tahun 2024 ini. Sebab kebijakan itu akan meringkas perjalanan JCH Maluku, atau hanya sekedar transit di Makassar tanpa harus masuk dan menginap di Asrama Haji.”Dari sisi efisiensi tenaga, persiapan jamaah, vitalitas juga tidak terlalu terkuras, “kata Fachrurrazy.

Menindaklanjuti kebijakan itu, mantan Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Maluku Tenggara ini menambahkan, akan melakukan sosialisasi kepada JCH Kota Ambon terkait penerapan pola EHA ini. “Besok ada manasik haji sepanjang tahun, jadi nanti saya sampaikan kepada JCH, ” Tambahnya.

Fachrurrazy berharap, penerapan EHA ini benar-benar dilakukan di tahun ini sekaligus statusnya menjadi permanen, sebab, selain efisiensi, juga pengeluaran biaya pemerintah yang bertanggungjawab keberangkatan jamaah. (CIK)

  • Bagikan