Penuhi Kebutuhan Pokok, Pemkot Ambon Gelar Operasi Pasar

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID. — AMBON, — Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Ambon menggelar Operasi Pasar di Negeri Hative Kecil, Kecamatan Sirimau, Kamis 1 Februari 2024. Kegiatan tersebut dilakukan guna membantu warga memenuhi kebutuhan bahan-bahan pokok.

Operasi pasar yang dilakukan Pemkot Ambon, bukan baru pertama kali. Sepanjang bulan Januari di pasar Mardika, dan memasuki bulan Februari ini, dilanjutkan juga di kawasan lainnya yang lebih dekat dengan masyarakat.

“Operasi pasar ini untuk bantu masyarakat penuhi kebutuhan pokok,” kata Kepala Dinas Perindag Kota Ambon, Josias Loppies, Kamis 2 Februari 2024.

Menurut Loppies, dalam melakukan operasi pasar pihaknya melibatkan distributor Gema Rejeki dengan bahan pokok yang dijual, antara lain, beras, telur, bawang putih dan bawang merah.

Sistemnya dengan pembagian kupon yakni ada sebanyak 400- 500 kupon yang diberikan kepada masyarakat.

“Harga bahan pokok yang dijual sangat murah, dibawah harga pasaran. Sehingga warga begitu antusias sangat besar terhadap operasi pasar yang dilakukan Pemkot Ambon,” ujarnya.

Dijelaskan, warga membeli dengan harga murah sebab telah disubsidi oleh Pemkot.
Seperti beras Bulog 5 Kg, dijual dengan harga Rp 55 Ribu, bawang Putih Rp 32 ribu/kg dan bawang merah Rp 34 ribu/kg

“Operasi pasar ini akan dilanjutkan ke Pasar Rumah Tiga, Kecamatan Teluk Ambon, guna antisipasi dampak kenaikan harga sejumlah bahan pokok,” jelasnya.

Adanya kenaikan ini disebabkan karena Kota Ambon bukan daerah penghasil, sehingga mengharapkan pasokan dari daerah lain. Nah, ketika pasokan terlambat otomatis harga bahan-bahan tersebut naik. (MON)

  • Bagikan