Darmawan Prasojo: BMPP Simbol Komitmen PLN

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Barge Mounted Power Plant (BMPP) Nusantara 1 atau Kapal Listrik terapung milik PLN, kini kembali dioperasikan untuk melayani pasokan listrik di Pulau Ambon. Pengoperasian ini ditandai dengan dilakukannya sinkronisasi ke sistem Pulau Ambon yang berlangsung di Kompleks PLTMG Desa Waai, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, Selasa, 30 Januari 2024.

Kapal listrik dengan kapasitas 60 Mega Watt ini, sebelumnya mengalami gangguan atau kerusakan, pasca resmi beroperasi pada 14 April 2022. Pihak PLN pun memindahkan kapal tersebut ke Dermaga Wurnala di Negeri Tulehu, untuk dilakukan perbaikan atau pemeliharaan berkala selama beberapa waktu.

General Manager (GM) PLN Unit Induk Wilayah Maluku-Maluku Utara, Awat Tuhuloula mengatakan, sinkronisasi pembangkit berkapasitas 60 MW ini akan memperkuat keandalan pasokan listrik di Pulau Ambon. Juga meningkatkan kemandirian energi di Indonesia Timur.

“Sinkronisasi BMPP Nusantara 1 merupakan Proyek Strategis dalam melakukan pemenuhan dan pemerataan pasokan listrik.Faktanya keberadan BMPP ini dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi pembangunan pembangkit listrik di sistem Ambon,” ujar Awat.

Kesempatan itu, Awat menambahkan, saat ini beban puncak Pulau Ambon mencapai 66,10 MW. Dengan adanya sinkronisasi BMPP 60 MW, sudah bisa menyuplai kebutuhan energi listrik 143.868 pelanggan di Pulau Ambon.

Sementara itu, Direktur Utama PLN Pusat, Darmawan Prasodjo mengatakan, dengan adanya sinkronisasi BMPP Nusantara 1 ini merupakan wujud nyata komitmen PLN untuk melistriki Ambon dan Maluku umumnya. Diakuinya, Maluku memiliki potensi yang luar biasa dari berbagai sektor. Sektor-sektor inilah yang perlu dikuatkan dengan akses energi listrik agar bisa digunakan untuk pengembangan perekonomian masyarakat. “Sehingga disinilah yang kita perjuangkan adalah bagaimana masyarakat Maluku bisa menikmati akses kelistrikan sebagai hak dasar untuk bisa membangun wilayahnya. Ini bukan hanya jangka pendek, tetapi juga jangka panjang. BMPP merupakan simbol Komitmen PLN,” ujar Darmawan.

Lanjutnya, tak bisa dipungkiri, kehadiran listrik di Maluku turut mendongkrak adanya pertumbuhan ekonomi.
“Kita melihat bahwa pertumbuhan beban kelistrikan di Maluku banyak bermunculan, bahkan di luar dari yang direncanakan. Karena banyak industri, sentra ekonomi baru, yang betul-betul memberikan manfaat bagi masyarakat. Bagaimana ekonomi tumbuh 5,5 persen, tapi di Maluku tumbuhnya hampir mendekati 6 persen. Artinya, Maluku punya kekuatan luar biasa,” sambungnya.

Upaya peningkatan perekonomian Maluku ini sejalan dengan komitmen PLN dalam meningkatkan Rasio Elektrifikasi.

Ditambahkan Deputi I KSP, Febry Calvin Tetelepta bahwa RE di Maluku bakal digenjot hingga 100 persen paling lambat hingga 2026 nanti.

“PLN sangat berupaya keras dalam melistriki, artinya PLN mempunyai komitmen besar untuk memberikan energi berkeadilan. Kita harus akui bahwa salah satu indikator suatu negara yang dikatakan merdeka, yakni adanya akses listrik hingga ke pelosok negeri, sehingga kita dorong semua ini agar Maluku mendapatkan kesempatan untuk memiliki listrik yang andal, kontinyu, dan berkualitas , tutur Febri.

Sementara itu, Gubernur Maluku, Murad Ismail yang diwakili oleh Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral, Abdul Haris dalam kegiatan sinkronisasi itu menyatakan, sinkronisasi BMPP Nusantara 1 menandakan bahwa PLN UIW MMU mempunyai loyalitas untuk menghadirkan listrik yang memadai dan mengedepankan kepuasan pelanggan, sehingga pemerataan energi listrik dapat dirasakan terutama bagi masyarakat di Indonesia Timur.

“BMPP Nusantara 1 ini dipastikan akan semakin meningkatkan keandalan dan efisiensi sistem kelistrikan Ambon yang mana dengan melihat potensi pertumbuhan penduduk maupun perekonomian masyarakat, maka diperlukan suplai listrik yang memadai dan berorientasi pada kebutuhan pelanggan,” ujar Murad.

Menutup acara, Direktur Utama PLN Indonesia Power, Edwin Nugraha Putra menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh pihak yang telah mendukung adanya proses pembangunan, mulai dari perizinan, eksekusi lapangan, sampai dengan pengoperasian.

Ini adalah langkah besar bagi PLN UIW Maluku dan Maluku Utara untuk menghadrikan listrik yang mumpuni, dimana BMPP Nusantara ini mempunyai kapasitas sebesar 60 MW, sehingga seharusnya Para Investor dapat masuk ke wilayah ini karena suplai daya tercukupi , tutup Edwin.

Penguatan keandalan sistem kelistrikan ini sejatinya mampu untuk menggerakkan roda perekonomian, meningkatkan perkembangan teknologi, serta membantu perkembangan sektor-sektor lainnya yang memerlukan listrik, sehingga Kota Ambon dapat berkembang dan menjadi lebih maju seiring dengan perwujudan energi yang berkeadilan.(CIK)

  • Bagikan