OJK Maluku Gelar Kunjungan Simolek Edutaiment di Hari Sekolah Tanpa Kekerasan

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Dalam upaya meningkatkan Literasi Keuangan di kalangan pelajar Provinsi Maluku, Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Maluku telah menggelar kunjungan Simolek Edutainment yang bertajuk “Sosialisasi Gemar Menabung: Aku dan Uangku”.

Kegiatan yang digelar bertepatan dengan “Hari Sekolah Tanpa Kekerasan” ini dihadiri oleh 100 orang peserta terdiri dari pelajar dan orang tua murid. Peserta kegiatan ini telah sejalan dengan sasaran prioritas penerima program edukasi sesuai Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia (SNLKI) 2021-2025.

Kegiatan yang berlangsung di Aula SD Negeri 257 Kabupaten Maluku Tengah ini dibuka oleh Analis Pengawasan Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi, Pelindungan Konsumen dan Layanan Manajemen Strategis (PEPKLMS), Stella Mattitaputy, yang mewakili Kepala OJK Provinsi Maluku.

Dalam pembukaan kegiatan, Stella menyampaikan bahwa kegiatan edukasi dan literasi keuangan sangat penting bagi semua lapisan masyarakat terutama bagi pelajar tingkat Sekolah Dasar.

“Hal ini untuk memberikan pendidikan karakter dalam mengelola uang dan menumbuhkan budaya gemar menabung sejak dini,” katanya.

Sementara itu, Kepala OJK Provinsi Maluku, Roni Nazra, menyampaikan bahwa keberadaan mobil Simolek diharapkan dapat memperluas jangkauan literasi keuangan kepada seluruh lapisan masyarakat secara efektif, kreatif dan variatif dengan mengedepankan unsur edukasi dan entertainment.

“Upaya peningkatan pengetahuan dan pemahaman kepada pelajar untuk mengenal pengelolaan keuangan sejak dini, menciptakan budaya gemar menabung, dan memberikan kemudahan akses keuangan yang mudah dijangkau oleh pelajar, adalah hal penting yang membutuhkan sinergi dan kolaborasi di antara para pihak dalam mewujudkannya,” pungkasnya.

Kepala SDN 257 Maluku Tengah, Henny Leiwakabessy, menyambut baik dan memberikan apresiasi yang luar biasa terhadap kegiatan kunjungan Simolek Edutainment.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada OJK Maluku yang telah mengunjungi SDN 257 Maluku Tengah sebagai salah satu Sekolah Penggerak yang juga selama ini aktif menjalankan program Satu Rekening Satu Pelajar (Kejar) bekerjasama dengan salah satu Bank di Pulau Ambon,” ucapnya.

Materi sosialisasi dibawakan secara menarik oleh Tim Edukasi Kantor OJK Provinsi Maluku yang diikuti antusias oleh seluruh peserta. Orang tua murid yang hadir sebagai peserta kegiatan turut aktif memberikan pertanyaan seputar pengenalan pengelolaan keuangan anak kepada narasumber.

Kegiatan juga diisi dengan pertunjukkan Seni Ukulele persembahan pelajar SDN 257 Maluku Tengah. Para peserta kemudian diajak oleh Tim Edukasi OJK Maluku mengenal mobil Simolek Edutainment yang merupakan mobil sarana edukasi dan pemberian informasi interaktif.

Mobil Simolek Edutainment yang diparkir di lapangan SDN 257 Kabupaten Maluku sangat menarik perhatian para siswa sekolah karena dilengkapi peralatan multimedia yang dapat menayangkan video-video edukasi dengan didukung oleh sound sistem yang mumpuni. (RIO)

  • Bagikan