Bawaslu Awasi Langsung Pencetakan Surat Suara

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Ambon, Jhon Talabessy mengatakan Bawaslu terus melakukan pengawasan pencetakan surat suara untuk persiapan Pemilu 2024.

Pengawasan tersebut langsung ke gedung percetakan surat suara Pemilu yang berlokasi di Kota Surabaya, Jawa Timur.

“Kita terus melakukan pengawasan bukan hanya di Ambon, tapi juga ke gudang percetakan surat suara di Surabaya,” kata Jhon Talabessy, via seluler, Senin 29 Januari 2024.

Kata Jhon Talabessy, tujuan pengawasan ke tempat percetakan untuk memastikan jumlah dan waktu pengiriman logistik pemilu ke Kota Ambon tepat dan sesuai jadwal.

“Kita mau memastikan disini terkait proses pencetakan terhadap sisa surat suara yang kurang maupun rusak setelah disortir sekaligus jumlah dan waktu pengirimannya kapan ke Ambon,” ucapnya.

Dia mengakui, pengawasan masih saja dibatasi oleh KPU, termasuk berkaitan dengan akses pengawasan di perusahaan untuk melihat proses percetakan surat suara secara langsung.

“Kita datang ke perusahaan percetakan hanya untuk memastikan bahwa surat suara itu memang dicetak disitu,” terangnya.

Dijelaskan, pihaknya telah melakukan imbauan pencegahan secara lisan ke KPU Kota Ambon, agar secepatnya bisa memenuhi kekurangan surat suara sebelum batas waktu sampai dengan proses distribusi surat suara ke TPS.

“Terhadap surat suara yang kurang maupun sortir rusak itu kan ketika dia tiba di Ambon kan harus disortir lagi, tidak mungkin tidak disortir untuk memastikan surat suara itu memenuhi ketentuan, tidak rusak dan kurang. Untuk selanjutnya dipacking dan didistribusi paling lambat H-1 sudah tiba di TPS,” pungkasnya. (MON)

  • Bagikan