Gibran Dorong Bangun Maluku Lewat Musik-Tetap Diawasi Bawaslu

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Calon Wakil Presiden (Cawapres) RI nomor urut dua Gibran Rakabuming Raka, menggagas membangun Maluku khususnya Kota Ambon melalui musik. Dorongan tersebut disampaikan saat menemui Milenial di Red Brick, Senin 8 Januari 2024.

Kata Gibran Rakabuming Raka, sudah saatnya pembangunan dimulai dari Indonesia timur, salah satunya yakni di Kota Ambon, Maluku.

“Maluku khususnya Kota Ambon sendiri memiliki sumber daya manusia yang berkualitas dan mumpuni di bidang kesenian terutama tarik suara,” katanya.

Menurutnya, pembangunan yang harus dilakukan di Ambon bukan hanya dari infrastruktur saja. Tapi perlu juga sebagai kota musik dunia perlu diunggulkan dan menjadi ciri khas serta daya tarik bagi kota itu.

“Ambon ini mirip Solo, banyak hal kreatif yang dapat dikembangkan untuk mendorong pembangunan disini, bedanya Solo tidak punya sektor perikanan, kelautan, seperti di Ambon,” ujarnya.

Lanjutnya, Ambon memerlukan perhatian khusus memanfaatkan label kota musik dunia dengan cara menampilkan bakat-bakat musik daerah melalui kegiatan rutin yang digelar per pekan.

Dengan begitu lanjut Gibran, dapat membantu mempromosikan banyak sektor lainnya salah satunya pariwisata. Sehingga membuka ruang investasi untuk Maluku itu sendiri.

Diketahui kedatangan Gibran ke Maluku didampingi istri dan publik figur seperti Raffi Ahmad, Marcello Tahitoe dan Awkarin. Setelah mendengarkan aspirasi Milenial, Gibran bertolak ke Desa Liang Maluku untuk bagi-bagi susu kemasan.

Sekadar diketahui, kegiatan Gibran di Maluku tetap dalam pengawasan
Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Maluku.

Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia Organisasi dan Diklat Bawaslu Provinsi Maluku Stevin Mellay, mengatakan pengawasan ini dilakukan juga untuk memastikan ketentuan Pasal 72 ayat 4 Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) 15 tahun 2022 yang menjustifikasi mereka yang memiliki jabatan-jabatan diuraikan dalam ketentuan perundang-undangan tersebut tidak terlibat secara langsung sebagai peserta dalam kegiatan kampanye Pemilu.

“Tugas dan tanggung jawab yang kami, maka kami melakukan pengawasan secara melekat terhadap seluruh kegiatan dari Cawapres Gibran,” kata Stevin Mellay kepada wartawan, Senin 8 Januari 2024.

Menurut Stevin Mellay, pengawasan dilakukan di tempat pelaksanaan kegiatan dari Cawapres nomor urut 2 itu.

Bawaslu Ambon dan pengawas Kecamatan Sirimau serta pengawas Kelurahan Desa Batu Merah dan Karang Panjang Ambon.

“Kami melakukan pengawasan terhadap kegiatan yang dilakukan oleh Gibran di Hotel Swisbell Ambon dengan Pesertanya adalah Latupati atau kumpulan Raja-Raja di Maluku,” ujarnya.

Dia mengimbau kepada seluruh yang memiliki jabatan sebagaimana yang diatur dalam ketentuan perundang-undangan, agar dapat menahan diri sehingga tidak terlibat dalam kegiatan-kegiatan kampanye yang dilakukan oleh peserta pemilu baik itu Pasangan calon presiden ataupun wakil presiden.

Dia mengakui, Pertanyaan soal bagaiman deng pertemuan Raja-Raja? Bawaslu masih mengkaji.

“Kami Bawaslu belum memberikan kesimpulan terkait dengan pertanyaan ini, kami akan melakukan kajian apakah peserta tadi ada yang kepala desa atau tidak kami akan lakukan kajian terhadap itu,” cetusnya.

Sebelumnya, kegiatan kunjungan kerja Cawapres Gibran Rakabuming yang juga putra pertama Presiden Jokowi Dodo ke Kota Ambon dalam rangka safari politik.

Gibran dan rombongan melakukan pertemuan bersama raja-raja di Ballroom SwissBell Hotel, kemudian mendengar aspirasi Komunitas dan Penggiat Ekonomi Kreatif di Red Brick Cafe Karang Panjang.

Selain itu, Gibran dan rombongan juga memberikan susu gratis di lapangan Kampung Liang Desa Liang, Kecamatan Salahutu dan bermain bola bersama warga Tulehu, Salahutu, Maluku Tengah. (MON)

  • Bagikan