Kasus Rp6,3 M di BP2P Maluku Jalan Ditempat

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON — Penanganan kasus dugaan korupsi proyek pembangunan rumah khusus bagi aparat TNI/ Polri yang bertugas di wilayah konflik antar kampung/ desa di Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) dan Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) pada Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu (SNVT) Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Provinsi Maluku tahun 2016 oleh Kejaksaan Tinggi (Kejati) Maluku terkesan jalan di tempat.

Padahal, Tim Bidang Intel Kejati Maluku telah meningkatkan penanganan kasusnya ke Tim Bidang Pidsus (Pidana Khusus) Kejati Maluku pada pertengahan Oktober 2023 lalu untuk ditindaklanjuti. Sayangnya, sejak saat itu sampai dengan awal Januari 2024 ini tak kunjung ada progres penanganan perkaranya.

Menanggapi hal itu, Direktur Moluccas Corruption Watch (MCW) Wilayah Maluku, S. Hamid Fakaubun SH, MH, mendesak Tim Bidang Pidsus segara melakukan pemeriksaan terhadap pihak-pihak yang paling berperan dalam proyek yang telah menghabiskan anggaran sebesar Rp 6,3 miliar itu.

Mereka di antaranya, Kepala SNVT/ BP2P Provinsi Maluku tahun 2016, Jacobus Lambert Patti selaku Kuasa Pengguna Anggaran (KPA), Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), kuasa direktur PT. Polawes Raya, konsultan pengawas dan staf SNVT.

“Saya kira di awal tahun 2024 ini, Tim Penyelidik Bidang Pidsus bisa segera menindaklanjuti penanganan kasusnya dengan melakukan pemeriksaan terhadap pihak-pihak yang paling berperan dalam proyek tersebut. Sehingga, penanganan kasus ini tidak terkesan jalan ditempat,” kata Hamid, kepada media ini di Ambon, Selasa, 2 Januari 2024.

Dikatakan Hamid, jika penanganan kasusnya masih lambat di awal tahun 2024 ini, maka dikawatirkan pihak-pihak yang paling berperan dalam proyek tersebut akan melarikan diri dan atau menghilangkan barang bukti. Dan hal tersebut akan menghambat proses penyelidikan maupun penyidikan ke depan.

“Apalagi, hasil penyelidikan oleh Tim Bidang Intel telah ditemukan bahwa secara keseluruhan pembangunan rumah khusus di dua kabupaten itu pekerjaannya tidak selesai, sebagian masih pondasi. Bahkan, di desa tertentu ada yang tidak dibangun sama sekali. Sementara pencairan anggaran proyek senilai Rp6,3 miliar sudah 100 persen,” jelasnya.

Sementara itu, Asisten Pidana Khusus (Aspidsus) Kejati Maluku, Triono Rahyudi, SH., MH, yang dikonfirmasi membantah hal tersebut. Menurutnya, penanganan kasusnya masih terus berproses.

“Kasusnya tidak mandek, masih berproses oleh tim,” singkat Aspidsus, membalas pesan WhatsApp (WA) media ini.

Untuk diketahui, pembangunan rumah khusus di Kabupaten SBB berlokasi di daerah Iha-Luhu, Siaputi-Tanah Goyang, Lisabata-Wakolo, Elpaputih-Samasuru dan di Desa Loki. Sedangkan di Kabupaten Malteng berlokasi di perbatasan Negeri Mamala dan Negeri Morela. (RIO)

  • Bagikan