PLN Dukung Festival Bakar 26 Ribu Tusuk Sate

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Selain memastikan pasokan energi listrik aman dan andal di gelaran Hari Nusantara 2023, PT PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU) melalui Unit Pelaksanaan Pelayanan Pelanggan (UP3) Ternate juga mendukung berbagai rangkaian acara di hari kedua.

Pada hari kedua ini, terdapat agenda Festival Bakar Sate sebanyak 26.000 tusuk. Sate yang dibuat dari daging Ikan Tuna, bekerja sama dengan CV Mitra Tuna Mandiri.

General Manager PLN UIW Maluku dan Maluku Utara, Awat Tuhuloula mengatakan, PLN hadir tak hanya untuk memasok energi listrik saja, melainkan memberikan penerangan pendukung, support listrik untuk sound system, dan lainnya. Di hari kedua ini, lanjutnya, PLN terus mengerahkan personelnya untuk memantau jalannya agenda tersebut di lapangan. Semua dipastikan berjalan lancar tanpa ada hambatan yang berarti.

Mengingat acara ini merupakan skala nasional dan berhasil memecahkan rekor MURI bakar sate ikan terbanyak. Sehingga, kami berkomitmen untuk menghadirkan listrik yang andal dan aman, tanpa kedip sedikitpun sehingga keberlangsungan acara bakar sate mulai dari pembukaan hingga penutupan dapat berjalan sesuai rencana, kata Awat, Senin 11 Desember 2023.

Dia berharap, acara ini berlangsung aman, nyaman, dan masyarakat bisa merasakan semarak Hari Nusantara 2023 di daerah itu.

Koordinator Festival Bakar Sate, Hartita menyebutkan, untuk mempersiapkan festival ini, Desa Tomalou harus menurunkan sekitar 50 ibu-ibu. Mereka bertugas untuk mempersiapkan segala kebutuhan bakar sate, sebelum hingga saat pelaksanaannya.

Kami mempersiapkan festival ini selama satu mingguan. Mulai dari bahan bakunya, distribusi Ikan Tuna, perlengkapan bakar dan lainnya, sebut Hartita.

Satu hal penting yang menjadi harapan Hartita, yakni melalui kegiatan Festival Bakar Sate ini, nelayan Tuna di Desa Tomalou semakin sukses, dan dikenal dengan hasil tangkapan mereka.

Adapun selama gelaran Hari Nusantara 2023 ini, PLN membuat beberapa posko siaga yang disiapkan di sejumlah titik. Posko-posko siaga ini tersebar di Tidore dan Ternate. Fasilitas kelistrikan, baik itu di lokasi kegiatan maupun Unit Pembangkit, Control Center, Gardu Induk, Gardu Hubung dan Sistem Pendukungnya, seperti Uninterruptible Power Supply (UPS) dan Genset telah standby.

Total 216 personel diterjunkan, bersamaan dengan 7 unit Genset dengan kapasitas masing-masing 10 kW, 40 kW, 100 kW dan 250 kW. PLN UP3 Ternate telah menyiapkan keandalan pasokan listrik dengan melakukan asesmen dan pemeliharaan preventif pada instalasi ketenagalistrikan di sisi Pembangkit dan Distribusi.

Setiap unit operasional juga telah disiapkan posko siaga yang dilengkapi dengan personel, perlengkapan pasokan backup, peralatan kerja, SOP dan basic communication. Pengamanan masih terus berjalan hingga hari ini mengingat total event Hari Nusantara adalah 4 hari, yakni tanggal 10-13 Desember 2023. Melihat antusias masyarakat dalam mengunjungi lokasi acara, dapat menjadi semangat bagi PLN untuk terus berkomitmen menghadirkan listrik secara berkelanjutan demi kesuksesan dan kelancara event Nasional ini. (CIK)

  • Bagikan