Lokakarya Disiplin Positif Wujudkan Profil Pelajar Pancasila.

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Kepala SMP Negeri 20 Ambon, Lambertus Bilmaskosu, S.Th, M.Pd.K mengaku lokakarya disiplin positif sekolah penggerak membantu mewujudkan Profil Pelajar Pancasila.

Kepada media ini di Ambon, Sabtu (9 Desember 2023) sebagai Kepala SMP Negeri 20 Ambon, dan sebagai peserta Lokakarya Disiplin Positif Sekolah Penggerak Angkatan 2 Tahun 2023, Kepsek merasa sangat bersyukur dan bangga dapat mengikuti kegiatan ini.

“Lokakarya ini memberikan pemahaman dan keterampilan yang sangat berharga bagi saya untuk dapat menerapkan disiplin positif di sekolah,” ungkap Bilmaksosu.

Dijelaskan, disiplin positif merupakan pendekatan yang menekankan pada penguatan perilaku positif dan tanggung jawab peserta didik, dengan menghindari hukuman dan kekerasan. Pendekatan ini sangat penting untuk diterapkan di sekolah, karena dapat membantu mewujudkan Profil Pelajar Pancasila.

“Profil Pelajar Pancasila adalah profil pelajar yang memiliki karakter yang kuat yaitu, beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkebinekaan global, mandiri, bernalar kritis, kreatif, bergotong royong, dan memiliki kecakapan abad 21,” terangnya.

Ditambahkan, disiplin positif dapat membantu mewujudkan Profil Pelajar Pancasila dalam berbagai hal. Misalnya, disiplin positif dapat membantu peserta didik sejumlah hal.

“Diantaranya, mengembangkan karakter beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dengan menekankan pentingnya nilai-nilai spiritual dan moral dalam kehidupan sehari-hari.
Mengembangkan karakter berkebinekaan global, dengan mengajarkan peserta didik untuk menghargai perbedaan dan menghormati budaya orang lain,” papar Kepsek.

Kemudian dilanjutkan, mengembangkan karakter mandiri, dengan mendorong peserta didik untuk bertanggung jawab atas perilaku dan tindakannya sendiri. Selain itu dapat mengembangkan karakter bernalar kritis, dengan mengajarkan peserta didik untuk berpikir kritis dan memecahkan masalah secara kreatif.

“Apa pula pengembangan karakter kreatif, dengan mendorong peserta didik untuk berinovasi dan menghasilkan karya-karya baru. Mengembangkan karakter bergotong royong, dengan mengajarkan peserta didik untuk bekerja sama dan saling membantu,” urainya.

Dirinya berkomitmen untuk menerapkan disiplin positif di SMP Negeri 20 Ambon, bersama dengan pendidik, tenaga pendidik, dan peserta didik. Pihaknya percaya bahwa dengan menerapkan disiplin positif dapat mewujudkan Profil Pelajar Pancasila dan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan aman bagi semua. (SSL)

  • Bagikan