Selamat! Ini Dia Daftar Pemenang Tokopedia Beauty Awards 2023 Versi Pilihan Masyarakat Indonesia

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — INDONESIA, — Tokopedia melalui ajang penghargaan tahunan Tokopedia Beauty Awards (TBA) 2023 mengumumkan 32 produk terbaik dari pelaku usaha kecantikan dan perawatan tubuh versi pilihan masyarakat. Sepanjang tanggal 23 Oktober-19 November 2023, Tokopedia telah mengumpulkan ratusan ribu votes yang terkumpul melalui halaman khusus di aplikasi Tokopedia.

“Ajang penghargaan Tokopedia Beauty Awards telah hadir sejak tahun 2020 dan konsisten menjadi upaya Tokopedia untuk mengapresiasi serta mengusung produk-produk kecantikan dan perawatan tubuh terbaik pilihan masyarakat Indonesia, baik perempuan maupun laki-laki. Dalam menentukan para pemenangnya, kami menggandeng para pengguna Tokopedia untuk voting kepada brand kecantikan dan perawatan tubuh pilihannya,” ungkap Vice President of Physical Goods Tokopedia, David Kartono.

“Sepanjang periode pemilihan, Tokopedia telah mengumpulkan ratusan ribu votes dari seluruh Indonesia. Tokopedia sangat mengapresiasi masyarakat yang telah memberikan suara kepada brand kecantikan dan perawatan tubuh pilihannya lewat Tokopedia Beauty Awards 2023,” tambah David. (Daftar pemenang selengkapnya terlampir.)

Pemenang Tokopedia Beauty Awards 2023 dipilih berdasarkan beberapa kriteria, mulai dari popularitas brand di media sosial mainstream, peningkatan penjualan yang signifikan, hingga perkembangan produk mereka, seperti seberapa sering dicari masyarakat di Tokopedia.

“Kami memberikan banyak keuntungan untuk para pemenang Tokopedia Beauty Awards. Mulai dari modal pemasaran produk atau toko berupa saldo beriklan ‘TopAds’, badge TBA 2023 untuk meningkatkan kepercayaan pembeli hingga pelatihan terkait manajemen bisnis dari pakar industri,” jelas David.

Beauty Expert dan Co-Founder Venas Consulting, Affi Assegaf, juga mengungkapkan, “Kini para pelaku usaha di industri kosmetik, khususnya brand lokal, makin inovatif dalam menawarkan produk terbaik kecantikan dan perawatan tubuh untuk masyarakat Indonesia. Hal ini dilatarbelakangi oleh tingginya minat akan produk lokal di pasaran. Saya sangat mengapresiasi Tokopedia karena sudah kasih panggung luas untuk para pegiat usaha di industri kecantikan, khususnya brand lokal. Rasa bangga menggunakan buatan Indonesia memang sudah seharusnya kita pupuk bersama-sama.”

Tokopedia mendorong geliat industri kecantikan dan perawatan tubuh di Indonesia lewat berbagai upaya

Kini ada lebih dari 14 juta penjual di Tokopedia, termasuk dari industri kecantikan dan perawatan tubuh, dimana hampir 100%nya UMKM.Pemerintah juga mencatat bahwa kontribusi industri kosmetik terhadap PDB pada kuartal III tahun 2023 mencapai 3,83%.* Tokopedia juga terus melakukan berbagai upaya bersama para mitra strategis agar para pelaku usaha di industri kecantikan dan perawatan tubuh bisa mendapatkan panggung seluas-luasnya.

Salah satunya adalah inisiatif Hyperlocal Tokopedia yangmenerapkan teknologi geo-tagging untuk mendekatkan penjual dengan pembeli di mana pun mereka berada. Dengan Hyperlocal, para penjual bisa memiliki kesempatan yang sama untuk bertumbuh dan berkembang, tanpa harus pindah ke kota besar. Pembeli pun bisa beli produk kebutuhan yang lebih beragam dengan lebih cepat dan efisien,” ujar Category Development Senior Lead Tokopedia, Stefanie Yuli.

Ada beberapa contoh inisiatif berpendekatan Hyperlocal, mulai dari Kumpulan Toko Pilihan (KTP), halaman kurasi produk penjual terdekat dari lokasi pembeli. Ada juga layanan pemenuhan pesanan Dilayani Tokopediayang memungkinkan penjual menitipkan produk di gudang-gudang pintar Tokopedia pada wilayah dengan permintaan tinggi. Seluruhpesanan, mulai dari penerimaan, pengemasan, pengantaran ke kurir hingga penanganan kendala, akan ‘dilayani oleh Tokopedia’.

Tokopedia juga konsisten menghadirkan banyak kampanye online untuk membantu masyarakat mendapatkan produk yang relevan. Contohnya, Tokopedia Beautyyang mengusung berbagai kebutuhan produk seperti kecantikan dan perawatan tubuh dengan promo menarik.

Ada juga promo WAR Diskon Tokopedia, yang memungkinkan masyarakat belanja online lebih murah. WAR Diskon Tokopedia pun disambut dengan sangat baik oleh masyarakat. “Promo ini turut berkontribusi dalam mendorong peningkatan transaksi sejumlah brand lokal kecantikan dan perawatan tubuh di Tokopedia dengan rata-rata kenaikan 12 kali lipat pada 10 Oktober 2023 (momen 10.10) jika dibandingkan rata-rata transaksi harian di bulan September 2023,” jelas Stefanie.

“Kami berharap deretan upaya ini dan ajang penghargaan TBA bisa mendorong kemunculan lebih banyak pelaku usaha, khususnya UMKM lokal, di industri kecantikan dan perawatan tubuh, serta membuat produk lokal makin menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia,” tambah Stefanie.

Langkah ini sejalan dengan salah satu komitmen ESG GoTo Tiga Nol (Three Zeroes), yaitu Nol Hambatan (Zero Barriers), yang bertujuan untuk membantu pelaku usaha menciptakan peluang tanpa hambatan lewat ekosistem GoTo, termasuk Tokopedia.

Tokopedia ungkap tren belanja online produk kecantikan dan perawatan tubuh di semester I 2023, penjualan produk perawatan tubuh naik hampir 3 kali lipat

Berkat kolaborasi yang dilakukan Tokopedia dengan para mitra strategis selama ini, tercatat berbagai dampak positif selama semester I 2023 saat pascapandemi dibandingkan semester II 2019 saat prapandemi. Jumlah transaksi produk perawatan wajah naik hampir 2 kali lipat di semester I 2023 saat pascapandemi dibandingkan semester II 2019 saat prapandemi. Sedangkan, jumlah transaksi produk perawatan tubuh naik hampir 3 kali lipat.

“Dari segi jumlah penjual, pada periode yang sama, produk perawatan tubuh mengalami kenaikan jumlah penjual hampir 2 kali lipat. Sedangkan dari segi jumlah pembeli, Tokopedia mencatat jumlah pembeli produk kecantikan naik hampir 2 kali lipat. Di sisi lain, jumlah pembeli produk perawatan tubuh melonjak lebih dari 4 kali lipat,” jelas Stefanie.

“Selama semester I 2023 kami mencatat beberapa produk yang paling laris. Misalnya di kategori produk Perawatan Wajah serta Kecantikan, produk yang paling laris adalah cleanser wajah, serum wajah dan krim wajah, sedangkan produk yang paling laris di kategori produk Perawatan Tubuh yaitu sabun mandi, shampoo dan parfum,” ungkap Stefanie.

Tokopedia juga mencatat temuan menarik di berbagai daerah. Misalnya, Sumatera Selatan, Bali dan Sulawesi Selatan merupakan beberapa daerah dengan kenaikan tertinggi jumlah transaksi produk perawatan wajah selama semester I 2023 pascapandemi dibandingkan semester II 2019 saat prapandemi, dengan peningkatan rata-rata hingga hampir 3 kali lipat.

Di sisi lain, Riau, D.I. Yogyakarta dan Bali tercatat sebagai beberapa daerah dengan kenaikan tertinggi jumlah transaksi produk perawatan tubuh, pada periode yang sama, dengan peningkatan rata-rata hingga hampir 4 kali lipat.

“Sedangkan Lampung, Sulawesi Selatan dan Bali menjadi beberapa daerah dengan kenaikan tertinggi jumlah transaksi produk kecantikan, masih dalam periode yang sama, dengan peningkatan rata-rata lebih dari 2,5 kali lipat,” tutup Stefanie.

Daftar Pemenang Tokopedia Beauty Awards 2023

KategoriNominasiNama MerekNama Produk
Perawatan WajahBest Toner and EssenceNPureFace Toner Centella Asiatica (Cica Series)
Best SerumAvoskinBrightening Serum
Best MoisturizerLabore Official ShopBiome Repair Barrier Revive Cream
Best Men’s Face CareKahfTriple Protection Sunscreen Moisturizer SPF 30 PA+++
Best Sun CareAzarine CosmeticsCalm My Acne Sunscreen Moisturiser
Best Face CleanserWhitelabBrightening Facial Wash
Best Global Face CareSkintific Official Store5X Ceramide Barrier Moisture Gel
Perawatan TubuhBest Body WashBiotalkCoffee Scrub Natural Soap
Best Body CareScarlett WhiteningBody Lotion Jolly
Best Hair CareVaresseVaresse Hair Tonic Concentrate
Best Women’s FragranceHMNSUnrosed
Best Men’s FragranceAlchemist FragranceOutwest Extrait de Parfum
Best ShampooDr SoapMessy-free Nourishing Shampoo Infusion
Best Hair GroomingSMITH Men SupplyHair Powder Ocean Dust
Best Global Hair CareKERASTASE OfficialAnti Hair Fall Serum
Best Global Body CareNIVEA OfficialExtra Bright 10 Super Vitamins and Skin Food Serum
Alat KecantikanBest Beauty ToolsAeris BeautéCloud Conceal Puff
Best Global Hair ToolsDysonDyson Airwrap™ Multi-Styler HS05
Best Global Men’s GroomingPhilipsOneBlade QP1424/10
Makeup Mata dan BibirBest Global MakeupMaybellineSuperstay Vinyl Ink – Liquid Lipstick – Peachy
Best Eye ShadowMake Over OfficialPowerstay Eye Palette
Best EyebrowGuèle CosmeticsGuèle Slim Eyebrow Pencil – Savo Brown
Best MascaraRose All Day CosmeticsThunder Lash Mascara
Best Cushion/FoundationLuxcrimeLuxcrime Perfecting Cover Cushion – Healthy Glow SPF 35 PA +++
Best ConcealerESQA CosmeticsFlawless Liquid Mini Concealer
Best BlushesJacquelle OfficialJacquelle Blusher x Shani Amelia – Disney 100 Winnie the Pooh edition
Best PowderSomethincHOOMAN UNDER CONTROL HD Blur Loose Powder
Best Make-up Setting SprayStudio TropikDreamSetter 2.0 Make-up Setting Spray
Best Lip ColorBLP BeautyBLP – Butter Balm Cherry
Best Makeup RemoverDear Me BeautyCleansing Balm – Meltaway Balm Blueberry
Brand TerbaikFastest Growing BrandSAFF & Co.
Best NewcomerThe Originote

Tentang Tokopedia

Tokopedia, perusahaan teknologi Indonesia, memiliki misi mencapai pemerataan ekonomi secara digital. Visi Tokopedia adalah membangun sebuah Super Ecosystem dimana siapa pun bisa memulai dan menemukan apa pun. Saat ini, Tokopedia memberdayakan jutaan penjual dan pengguna melalui marketplace dan produk digital, fintech dan pembayaran, logistik dan fulfillment, serta Mitra Tokopedia. Tokopedia adalah bagian dari grup GoTo, ekosistem digital terbesar di Indonesia yang mencakup Gojek, Tokopedia dan GoTo Financial.

Kontak Media

Tim PR Tokopedia | [email protected]

  • Bagikan