Kapolri Terjunkan Tim Pantau Pengamanan Pemilu di Maluku

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Guna memastikan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 berjalan sukses, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo terjunkan tim ke Polda Maluku.

Tim dipimpin Brigjen Pol M Syamsul Huda, melakukan pengawasan pelaksanaan pengamanan Operasi Mantap Brata (OMB) Salawaku.

Pengawasan dan pengamanan dilakukan di Pasko OMB Salawaku, Markas Polda Maluku, Jalan Sultan Hasanudin, Kota Ambon, Rabu, 6 Desember 2023.

Kepala Pengawas Operasional Daerah (Kawas Opsda) Kombes Pol Marthin Luther Hutagaol mengungkapkan, Polda Maluku saat ini sedang melaksanakan pengawasan operasional (Wasops) ke Polres jajaran.

“Meski dengan segala keterbatasan, namun kita tetap bersyukur dan bekerja dengan penuh tanggung jawab dalam mengamankan pelaksanaan Pemilu 2024,” katanya di hadapan tim pengawas Mabes Polri.

Brigjen Pol Syamsul Huda mengatakan, kedatangan pihaknya ke Polda Maluku atas perintah Kapolri untuk melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan OMB 2024.

“Saat ini kita sedang melaksanakan pengawasan operasi secara serentak di 20 Polda. Nanti 14 Polda lainnya akan dilaksanaakan pada tanggal 13 sampai 15 Desember 2023,” katanya.

Ia mengaku kegiatan ini bukan baru pertama kali dilakukan. Olehnya itu Polda Maluku telah mengetahui mekanismenya sehingga diharapkan para perwakilan satgas bisa hadir untuk mendapat pengarahan.

“Perlu diketahui kami dari tim selain akan melaksanakan kunjungan ke Polresta Ambon dan Polres Seram Bagian Barat,” akuinya.

Selain Polresta Ambon dan Polres SBB, tim pengwasan Mabes Polri ini juga pantau pengamanan yang dilakukan Polda di KPU dan Bawaslu.

“Kami juga akan mengunjungi dan melihat pelaksanaan pengamanan pada Kantor KPU dan Bawaslu Provinsi Maluku,” ungkapnya. (AAN)

  • Bagikan