Mercy Barends Ajak Generasi Muda Tingkatkan Kapasitas Lewat Literasi Digital Berkualitas

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Dapil Maluku, Mercy Chriesty Barends, ST, membuka kegiatan Sosialisasi Pengenalan Literasi Digital untuk Angkatan Muda/ Organisasi Kepemudaan (OKP) di Kota Ambon, yang digelar Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) bekerjasama dengan Komisi VII DPR RI, bertempat di Lantai 5 Hotel Santika Ambon, Jumat, 1 Desember 2023.

Program Komunikasi Publik BRIN untuk Masyarakat, ini diikuti oleh 200 peserta perwakilan dari HMI, GMKI, PMKRI, PMII, GMNI, IMM, AMGPM, Suara Milenial Maluku, Mulung, Forum Genre Maluku, KMK Maluku, Moluka Hijau, Kalesang Maluku, GMBK Maluku, Forum Anak, Rumah Balajar, KMHDI, dan lima orang Konten Kreator/Influencer.

Dalam arahannya, Anggota DPR RI Mercy Chriesty Barends, mengajak seluruh generasi muda agar dapat meningkatkan kapasitas dan ilmu pengetahuan melalui literasi digital yang sehat dan berkualitas. Hal ini mengingat banyak digital crime, seperti penyebaran informasi palsu berbasis SARA yang dapat mengakibatkan perpecahan masyarakat.

“Kemudian banyak juga judi-judi online, praktek perdagangan orang, dimana operatornya itu rata-rata anak muda. Jadi, harapannya literasi digital yang kita lakukan sekarang ini bisa memberikan dampak positif kepada generasi muda, sehingga mereka mampu melakukan seluruh aktivitas digital secara sehat dan bertanggungjawab,” imbaunya.

Dia menjelaskan, tujuan sosialisasi pengenalan literasi digital bagi generasi muda adalah memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada mereka dalam mengolah, mengakses, menyimpan dan meneruskan informasi dari sumber-sumber berkualitas.

“Dan juga memberikan dampak yang positif untuk masa depan mereka, untuk ekonomi mereka, untuk pekerjaan mereka, untuk pendidikan mereka, untuk apa saja yang sangat berguna untuk kehidupan mereka sebagai generasi muda dalam membentuk masa depan mereka,” jelas Mercy.

Dikatakan Mercy, literasi digital adalah ruang yang sangat tidak terbatas untuk semua orang bisa berinteraksi. Dimana, mereka juga dapat memanfaatkannya sebagai pasar digital. Dengan harapan, generasi muda menjadi lebih inovasi dalam menjemput bola.

“Karena ini ruang digital, jadi mari kita manfaatkan ruang-ruang digital diisi dengan aktivitas-aktivitas yang bermanfaat berguna dan berkualitas,” pungkasnya. (RIO)

  • Bagikan