Sangadji: Lulusan SMK Harus Bisa Jadi Direktur

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Ratusan produk unggulan hasil karya dan kreatifitas serta inovasi siswa/siswi SMK di Maluku ikut dipamerkan dalam pameran Gebyar SMK Tahun 2023 di halaman Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku, Kamis, 23 November 2023.

Pameran Gebyar SMK itu diselenggarakan dalam rangka meramaikan Hari Guru Nasional (HGN) 25 November 2023. Selain itu, untuk mendorong, berkembangnya Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan.

Gebyar SMK dengan tema “Tren Kreatifitas Inovasi Produk dan Prestasi SMK” secara resmi dibuka Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku, Insun Sangdji.

Dalam sambutannya Sangadji mengatakan, para siswa/siswi SMK harus disiapkan mejadi calon-calon direktur dan bukan menjadi karyawan. Maka pentingnya penguatan dan didikan mental bagi para siswa/siswi itu. “Saya di setiap kesempatan terus mengingatkan agar kita tidak boleh membiarkan lulusan SMK menjadi karyawan. Tetapi bagaimana mereka bisa didorong kemampuan, skill dan kompetensinya untuk menjadi direktur, ujar Sangadji.

Sebagai bagian dari sistem pendidikan nasional, SMK kata Sangadji, bertujuan melahirkan siswa yang terampil untuk memenuhi kebutuhan dunia kerja. “Keberhasilan atas kreatifitas dalam menghasilkan beragam produk-produk unggulan ini menjadi bukti nyata.Dan Gebyar SMK menjadi medio untuk seluruh prodak itu ditampilkan ke hadapan publik,” tutur Sangadji.

Sangadji berharap, Gebyar SMK ini tidak saja menjadi ajang memamerkan hasil karya siswa/siswi SMK. Tetapi bagimana sekolah terus mengasah ide-ide kreatifitas dan inovasi para peserta didik.

Kesempatan itu, Sangadji juga memberikan apresiasi kepada mitra-mitra industri dan pihak-pihak terkait dengan telah mendukung SMK di daerah.”Semoga acara ini menjadi inspirasi untuk memajukan pendidikan kejuruan di Maluku, “harapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pembinaan SMK, Anissah mengatakan, beragam produk hasil kreatifitas dan inovasi siswa berupa makanan, minuman, kerajinan tangan, kosmetik dan beragam produk menarik serta berkualitas dipamerkan dalam puluhan stand. “Kami akan terus mendorong, agar siswa/siswi SMK mampu menghasilkan produk-produk unggulan sesuai dengan jurusan keahlian yang dimiliki. Kami juga mendorong, agar seluruh SMK di Maluku menjadi SMK Pusat Keunggulan (PK), kunci Anissah.(CIK)

  • Bagikan