JAR, Ramly, Hamza, Azis, Mukti “Disenter” Golkar

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) baik untuk provinsi maupun 10 kabupaten/kota di Maluku akan dilaksanakan serentak di bulan September 2024.

Meskipun masih ada 10 bulan dan juga rekomendasi belum dikeluarkan, namun sudah beredar selebaran daftar bakal calon gubernur, bupati dan walikota yang diusung Partai Golkar.

Untuk Gubernur ada nama Ramly Umasugy, Abdul Mukti Keliobas, Hamza Sangadji, Azis Samual dan Jeffry Apoly Rahawarin (JAR).

Walikota Ambon, nama Richard Rahakbauw diurutan pertama disusul Abner James Timisela, Ridwan Rahman Marasanessy, Ketua DPRD Ambon Elly Toisuta, Jatje Wenno, Rifqi Alhamid dan Subhan Pattimahu.

Maluku Tengah (Malteng), Ketua DPD II Golkar Malteng Rodolf Lailosa, eks Kadis PUPR Maluku Ahmat Marasabessy, Pj Bupati Rakib Sahubawa, Subhan Pattimahu, Sam Latuconsina. Menarik lagi, ada nama Subhan juga.

Seram Bagian Barat (SBB) ada Ketua DPD II Abdussalam Hehanussa, dan Syane Puttileihalat, Seram Bagian Timur (SBT) Agiel Rumakat dan Yulia Misa Latuconsina, yang juga istri Mukti Keliobas.

Buru, anak Ramly Umasugy, yakni Gadis Siti Nadia Umasugy, Ketua DPRD M Rum Soplestuny, Iksan Tinggapy, dan Jaidun Saanun. Buru Selatan (Bursel) Asriadi Tomia, Muhamad Mukadar. Kepulauan Aru Timotius Kaidel, Temi Oersepuni, Mesak Payjala, Yusuf Rume, Rahman Jabumona, bersama Muin Sugalrey.

Maluku Tenggara, Agrapinus Rumatora bersama Romulus Far Far. Sementara Kepulauan Tanimbar ada Pietkat Taborat, Dharma Oratmangun, juga Hendrikus Oratmangun. Sedangkan Maluku Barat Daya (MBD) Anos Jeremias dan Fritz Karlely.

Di Tual, ada nama Yunus Serang, Taufik Hamud Adam Rahayaan dan Usman Tamnge.

Terkait beredarnya nama-nama Balon Gubernur, Bupati dan Walikota, Wakil Ketua DPD I Golkar Maluku
Ericson Betaubun membenarkannya.

Kata Betaubun, DPD Golkar Maluku terlebih dahulu masukan nama-nama bakal calon kepala daerah baik gubernur maupun bupati, walikota ke DPP.

“Betul. Itu hasil penjaringan dari DPP sehingga dikeluarkan nama-nama Balon Kepala Daerah itu,” ujar Betaubun kepada Rakyat Maluku, Senin, 20 November 2023.

Ketua DPD AMPI Maluku ini tak pungkiri bahwa nama-nama itu sengaja dipublikasikan untuk melihat dan mendengar keinginan masyarakat.

“Memang betul surat itu untuk kami, Golkar Maluku, tapi sengaja dilemparkan ke publik biar masyarakat tahu. Dari respons masyarakat ini kita bisa melihat figur mana yang diinginkan. Suara Golkar, suara rakyat,” ujar Ericson Betaubun.

Selain melihat respons masyarakat, Golkar pun memantau survey Balon Kada ini. Sehingga nama yang direkomendasikan Golkar nanti, sesuai dengan keinginan rakyat.

“Golkar akan merekomendasikan figur sesuai keinginan masyarakat. Ini yang penting sehingga Golkar tidak salah ketika rekomendasi diberikan. Jika rekomendasi sudah ada baik gubernur maupun bupati, walikota, sebagai kader, pasti kami taati,” pungkasnya. (*)

  • Bagikan