Polda Kawal Ketat Penyaluran Bilik Suara Milik KPU MBD

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Pengamanan terhadap logistik Pemilu 2024, terus dilakukan Polda Maluku. Yang dikawal kali ini bilik suara miliki Komisi Pemilihan Umum (KPU) Maluku Barat Daya (MBD).

Pengawal oleh Satgas Operasi Mantap Brata dimulai dari pembongkaran bilik suara di kontainer yang ada di Terminal Peti Kemas Ambon, hingga dibawa mengunakan KM Sabuk Nusantara 87 sampai ke MBD.

“Hari ini personel Satgas OMB telah mengamankan pendistribusian logistik Pemilu ke KPU MBD, kata Kabid Humas Polda Maluku Kombes Pol M Roem Ohoirat kepada wartawan, Minggu, 19 November 2023.

Logistik Pemilu dikawal ke KPU MBD menggunakan transportasi laut milik PT Pelni, yakni KM Sabuk Nusantara 87.

Kapal akan bertulak ke MBD dari Pelabuhan Yos Sudarso Ambon.

Untuk KPU MBD logistik yang diamankan sebanyak 1.172 lembar bilik suara atau 117 Koli, katanya.

Kombes Ohoirat berharap pengawalan distribusi logistik Pemilu tersebut dapat berjalan aman dan lancar hingga tiba di gudang penyimpanan milik KPU MBD.

Dirinya menambahkan, pendistribusian logistik KPU MBD adalah yang terakhir. Sebelumya, logistik KPU Ambon, Maluku Tengah, Seram Bagian Barat, Seram Bagian Timur, dan Buru Selatan.

“Bilik suara milik KPU MBD tadi (Minggu) itu bilik suara terakhir. Tinggal surat suara, dan tinta yang belum disalurkan dari pusat. Jika sudah kami kawal juga,” ucapnya.

Bukan hanya logistik yang dikawal, tapi semua proses Pemilu akan dijaga hingga

Polda, sambung Roem Ohoirat, berharap, Pemilu nanti terlaksana dengan aman, damai. Dan tidak hanya aman dan damai, tapi juga sukses seperti Pemilu tahun 2018 lalu.

Dimana Maluku saat itu masuk kategori rawan, namun berkat kerjasama, semua itu dapat dipatahkan.

“Namun, yang terjadi atas kerjasama kita semua baik itu KPU, Bawaslu, seluruh TNI Polri kemudian yang paling utama adalah masyarakat ini semua kita bisa balikan di mana pelaksanaan Pilkada 2018 Maluku aman dan damai,” jelasnya. (AAN)

  • Bagikan