Belum Digaji, Sampah Dibuang Depan Kantor Bupati Seram Bagian Barat

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — Aksi buang sampah terjadi di depan Kantor Bupati Seram Seram Bagian Barat (SBB), Maluku. Puluham ton sampah itu meresahkan pegawai saat masuk kantor, Senin (20/11/2023).

Pembuangan kotoran itu dilakukan mengunakan mobil truk sampah. Diduga para tenaga honorer Dinas Kebersihan belum menerima gaji sejak bulan Juni 2023.

Video berdurasi 00.09 detik yang diperolah rakyatmaluku.fajar.co.id, terlihat dua unit mobil truk parkir depan Kantor Bupati, ada juga tumpukan sampah.

Aksi ini menjadi perhatian dari pegawai. Sebab, merusak penandangan juga tersebar bau busuk dari sampah.

Sementara seorang tenaga kebersihan mengatakan, aksi yang dilakukan agar pemerintah kabupaten membayar gaji mereka.

“Biarkan saja sampah kami buang, agar para pejabat di kabupaten ini bisa buka mata dan telinga terkait keluhan kami untuk menafkahi anak dan istri kami di rumah,” kesal salag satu petugas kebersihan kepada wartawan lewat telepon genggam.

Pembuangan sampah di depan Kantor Bupati, karena selama ini tidak ada tanggapan dari pemerintah setempat. Padahal, beberapa bulan lalu sudah pernah mogok kerja.

“Ini merupakan puncak mogok kerja kami, karena sebelumnya kami sudah mogok kerja dengan tidak mengangkat sampah di bak-bak sampah” ujarnya

Dirinya berharap dengan aksi ini pemerintah di bawah Andi Chandra As’aduddin secepatnya membayar hak-hak tenaga kebersihan.

“Kami berharap pejabat untuk secepatnya menyelesaikan hak kami yang sudah enam bulan belum dibayarkan,” harapnya.

  • Bagikan