Pemdes Koyoan Kecamatan Nambo Diduga Serobot Lahan Warga.

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — SULTENG, — Pemerintah Desa Koyoan, Kecamatan Nambo, Kabupaten Banggai diduga lakukan penyerobotan lahan kebun siap tanam milik warga yang berlokasi di perkebunan Bayuu, Desa. Koyoan, Kec. Nambo, Kab. Banggai, Sulteng. Minggu (19/11/2023).

Babinsa Desa Koyoan, Sertu Samsuri Silo mengatakan, memang benar proyek pengembangan jalan kantong produksi di wilayah lokasi perkebunan bayuu, Desa Koyoan, Kecamatan Nambo sedang berlangsung namun menimbulkan masalah bagi warga, salah satu lokasi kebun warga habis tidak tersisa, diratakan, digaruk habis oleh unit alat berat eksavator milik kontraktor.

“Alhasil, lahan perkebunan siap tanam milik warga seluas kurang lebih 30×25 meter persegi, dengan tinggi galian 2,5 meter tidak dapat digunakan dan dimanfaatkan lagi untuk bercocok tanam, ratusan reet material tanah diangkut oleh mobil dumtruck untuk dijadikan timbunan dilokasi jalan kantong produksi yang sedang dikerjakan, sayangnya proyek tersebut sangat merugikan masyarakat, tidak adanya pemberitahuan kepada pemilik lahan kebun milik warga dan kini lahan kebun siap tanam tersebut menjadi rusak,” ujarnya.

Sampai dengan saat ini kata dia, belum ada tanggapan pihak pemerintah desa setempat untuk menyelesaikan permasalahan yang timbul di masyarakat khususnya dengan pemilik atas lahan kebun yang dirusak, diambil tanpa izin pemiliknya, jelasnya Babinsa.

Samsuri bersama warga setempat berharap adanya penanganan, evaluasi, pengawasan dan peninjauan kembali oleh pemerintah dan seluruh element terkait, serta adanya langkah dan upaya hukum lantaran adanya dugaan penyerobotan lahan kebun milik warga.

  • Bagikan