HIPAKAD Siap Laksanakan Arahan Pangdam XVI/Pattimura Sukseskan Pemilu 2024

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Himpunan Putra-Putri Keluarga Angkatan Darat (HIPAKAD) Maluku sebagai Keluarga Besar TNI (KBT) siap melaksanakan arahan Panglima Kodam (Pangdam) XVI/Pattimura, Mayjend TNI Syafrial, untuk sama-sama menjaga dan menyukseskan Pemilu 2024 yang aman dan damai di Provinsi Maluku.

Hal ini ditegaskan Sekretaris HIPAKAD, Hamdza Nurlili, MH, usai mengikuti kegiatan Pembinaan dan Pemberdayaan KBT Tahun Anggaran 2023 yang digelar Kodam XVI/Pattimura, di lobby Makodam, Kota Ambon, Jumat, 17 November 2023.

“HIPAKAD merupakan anak kandung dari TNI Angkatan Darat yang bertujuan sebagai matra cadangan apabila dibutuhkan negara sewaktu-waktu. Olehnya itu, arahan dari Bapak Pangdam XVI/Pattimura Mayjend TNI Syafrial wajib untuk kita laksanakan. Kita siap untuk menyukseskan Pemilu 2024,” tegasnya.

Dia menjelaskan, mengingat jadwal kampanye Pemilu 2024 akan dimulai pada 28 November 2023 sampai dengan 10 November 2024, maka HIPAKAD Maluku juga akan membangun koordinasi dengan TNI/ Polri, khususnya KPU dan Bawaslu, untuk sama-sama mengawal jalanya proses kampanye guna meminimalisir atau mencegah terjadinya konflik sosial.

“Potensi terjadinya kerusuhan pada Pemilu 2024 penting untuk diantisipasi sejak dini. Apabila karena sesuatu hal, konflik sampai terjadi di sebagian besar daerah, tentu akan sangat sulit ditangani oleh aparat keamanan dan akan berpengaruh langsung terhadap kondisi kamtibmas dan keberhasilan penyelenggaraan Pemilu 2024,” jelas Hamdza.

Hamdza juga mengajak seluruh keluarga besar TNI lainnya, yakni PD XIII Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra Putri TNI-Polri (FKPPI) Provinsi Maluku, Generasi Muda (GM) FKPPI Maluku dan Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Maluku, untuk membangun sinergitas dan koordinasi dengan semua pihak, dan yang terpenting menjadi tauladan bagi masyarakat dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

“Menjaga keutuhan dan pembangunan NKRI adalah tugas kita bersama. Maka itu, mari kita semua menjadi tauladan dan garda terdepan dalam mengawal tahapan Pemilu 2024, baik Pileg, Pilpres maupun Pilkada sampai selesai, sehingga pesta demokrasi ini benar-benar menghasilkan para wakil rakyat dan pemimpin yang dicintai rakyatnya,” imbau ketua OKK PD XIII FKPPI Provinsi Maluku itu.

Sebelumnya, Pangdam XVI/Pattimura, Mayjend TNI Syafrial, dalam sambutannya mengatakan, tujuan digelarnya kegiatan Pembinaan dan Pemberdayaan KBT Tahun Anggaran 2023 untuk menjalin silaturahmi dan mendekatkan rasa kekeluargaan antara KBT dengan Kodam XVI/Pattimura.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memelihara dan memantapkan rasa cinta tanah air, wawasan kebangsaan dan kesadaran bela negara bagi seluruh Keluarga Besar TNI (KBT), khususnya KB FKPPI, GM FKPPI dan HIPAKAD yang berkepribadian serta memiliki jiwa pancasilais dan nasionalis terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia,” terangnya.

“Keluarga Besar TNI juga harus bisa menjadi kebanggaan dan pelopor dalam upaya mendorong segenap komponen masyarakat untuk berpartisipasi secara aktif mampu memberikan kontribusi nyata terhadap setiap kegiatan pembangunan daerah yang dapat memberikan manfaat bagi kehidupan mayarakat,” tambah Pangdam. (RIO)

  • Bagikan