BKSDA Maluku Lepasliarkan Burung Kakatua

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Badan Konservasi Sumberdaya Alam (BKSDA) lepasliarkan kakatua di Gunung Sahuwai, Dusun Nagalema, Desa Waesala, Kabupaten Seram Barat (SBB), Rabu, 15 November 2023.

Petugas Polisi Hutan (Polhut) BKSDA Maluku Seto menjelaskan satwa liar endemik Maluku yang dilepasliarkan ini merupakan hasil sitaan petugas.

Dipilihnya lokasi Suaka Alam Gunung Sahuwai dikarenakan pada lokasi tersebut merupakan salah satu habitat satwa Kakatua Maluku.

“Serta memliki kondisi baik dari segi vegetasi dan daya dukung lainnya,” katanya,.Kamis, 16 November 2023.

Sementara,Bhabinkamtibmas Waesala Aiptu Eko Wahyudi mengatakan, ada lima ekor kakatua yang dilepasliarkan.

“Pelepasan satwa liar tersebut berlangsung di Dusun Nagalema, tepatnya di Gunung Sahuwai,” katanya.

Menurut Eko, Kakaktua tersebut termasuk salah satu hewan langka yang dilindungi karena jumlah spesiesnya dari tahun ke tahun semakin berkurang, hal ini disebabkan karena sering diburu untuk diperjual belikan.

“Iya memang kami terus berupaya untuk tetap menjaga kelestarian spesies burung kakak Tua tersebut, karena termasuk salah satu spesies kakak tua yang sudang terbilang langka, karena jumlahnya dari tahun ke tahun semakin berkurang, salah satu penyebab utamanya adalah sering diburu untuk diperjual belikan” ujarnya.

Sambung Eko, jika tidak ada kepedulian dari masyarakat untuk melindungi dan melestarikan maka yakin dan percaya, kedepannya anak cucu kita tidak akan mengenal jenis burung tersebut karena sudah pasti akan punah” kata Eko.

“Harapan kami, kiranya seluruh masyarakat SBB khususnya dan masyarakat Maluku umumnya untuk dapat mendukung kebijaksanaan pemerintah dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan dan keanekaragaman hayati,” tutup Aiptu Eko. (AAN)

  • Bagikan