Sandiaga Harap Jadi Daya Tarik Wisatawan

  • Bagikan

Menteri Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, berharap agar acara Spice Islands Festival 2023 yang digelar Pemerintah Provinsi Maluku di area Benteng Nassau Banda Neira, Kabupaten Maluku Tengah, dapat menjadi daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Dengan tema Encourage Banda to the Next Level sebagai salah satu karisma event Nusantara 2023, maka diharapkan event ini jadi bagian promosi dari Kabupaten Maluku Tengah, sekaligus menjadi daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung hingga dapat menikmati keindahan dan kekayaan flora di Kepulauan Banda,” harap Sandiaga dalam sambutannya yang disampaikan secara virtual, Senin, 13 November 2023, malam.

Dalam kesempatan itu, Sandiaga Uno juga memberikan penghargaan yang tinggi kepada Dinas Pariwisata Provinsi Maluku dan seluruh masyarakat Kepulauan Banda Neira atas semangat dan kerja kerasnya untuk selalu mengembangkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang dikemas dalam penyelenggaraan Spice Island Festival 2023.

Di kesempatan itu, Gubernur Maluku Murad Ismail, dalam sambutannya mengatakan festival yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi Maluku di Banda ini, merupakan sebuah lokomotif pariwisata yang kaya dengan wisata bahari, sejarah dan budaya yang sudah terkenal hingga ke manca negara.

“Untuk itu, atas nama Pemerintah Daerah Provinsi Maluku, saya menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada para pihak yang telah mendukung terlaksananya kegiatan ini, dan berharap agar kegiatan ini dapat berjalan aman dan lancar,” ucapnya.

Murad juga mengajak semua pihak khususnya para pemangku kepentingan di bidang Pariwisata untuk selalu berinovasi dalam menyelenggarakan berbagai program dan kegiatan, yang dapat mendorong pengembangan pariwisata sebagai bentuk dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat, khususnya UMKM di wilayah Maluku.

“Dengan tema Encourage Banda To The Next Level, event ini bakal jadi ruang edukasi sejarah kekayaan rempah Maluku yang jadi incaran bangsa eropa dulu, sehingga kedepannya diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat, khususnya UMKM di wilayah Maluku,” harapnya.

Pada kesempatan itu juga turut diserahkan bantuan kepada para pelaku Ekonomi Kreatif Kuliner di Banda Neira berupa 1.000 kemasan Halua Kenari, 1.000 Kemasan Manisan Pala Pedas, 1.000 kemasan Manisan Pala Manis, 1.000 Kemasan Sirup Pala, 1.000 Kemasan Bakasang Ikan, dan 1.000 Kemasan Selai Pala, yang diserahkan oleh Gubernur Maluku, didampingi Staf Ahli Menteri Parekraf, Ina Latu Maluku, Sekda Maluku, Penjabat Bupati Malteng dan Plt Kadis Pariwisata Maluku.

Serta dilanjutkan juga dengan penyerahan bingkisan kepada Ketua TP-PKK Provinsi Maluku berupa Produk Kuliner khas Banda oleh Perwakilan Pelaku Ekonomi Kreatif Banda, dan penarikan doorprize dengan hadiah utama sepeda listrik.

Untuk diketahui Spice Island Festival ini diselenggarakan dari 12-14 November 2023, yang dirangkaikan dengan berbagai acara menarik seperti, Buka Kampung, Lomba Perahu Belang, Cakalele Banda, Kasih Makan Hutan dan Laut, Pameran Ekonomi Kreatif, serta acara hiburan seperti penampilan tarian Kreasi Wonderful Maluku, Stand up Comedy, Texas Band, Puisi Milenial dan talkshow. (RIO)

  • Bagikan