Pemilu 2024, Bawaslu Maluku Butuh 5.662 Pengawas TPS

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Maluku, membutuhkan 5.662 pengawas di Tempat Pemungutan Suara (TPS) dalam pemilu tahun 2024. Dalam upaya menjaga integritas dan transparasi pemilu, pentingnya peran pengawas TPS dalam memastikan pemilu berjalan dengan lancar dan adil.

“Bakal membentuk pengawas TPS dalam persiapan Pemilu tahun 2024. Kita butuh sebanyak 5.662 pengawas TPS,” kata Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia Organisasi dan Diklat Bawaslu Provinsi Maluku, Stevin Mellay di sela-sela kegiatan sosialisasi rekrutmen pembentukan pengawas TPS dalam rangka Pemilu 2024 kepada media masa dan organisasi kepemudaan di Kafe Ujung JMP Ambon, Sabtu 11 November 2023.

Menurut Stevin, pengawas TPS mereka memiliki peran kunci dalam memantau proses pemungutan suara dan memastikan tidak ada pelanggaran pemilu.

Rekrutmen pengawas TPS terbuka bagi siapa saja yang berkewarganegaraan Indonesia. Namun, ada syarat-syarat yang juga harus dipenuhi.

“Pengawas itu mereka yang terlibat dalam partai politik dan tidak memiliki konflik kepentingan dengan peserta pemilu,” ujarnya.

Pendaftaran pengawas TPS akan dibuka 23 sebelum pelaksanaan hari pencoblosan Pemilu 2024.

“Intinya sesuai tahapan, pendaftaran itu baru dibuka 23 hari sebelum pencoblosan Pemilu,” pungkasnya. (MON)

  • Bagikan