KKT dan MBD Belum Terima Logistik Pemilu

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Beberapa daerah sudah menerima logistik pemilu tahap I. Namun sampai saat ini, hanya Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Tanimbar dan Maluku Barat Daya (MBD) yang belum menerima logistik pemilu tahap I berupa bilik suara dan tinta.

“Kita KPU Maluku hanya mengecek. Dan informasi terakhir, yang belum terima logistik tahap I itu hanya Tanimbar dan MBD,” kata Kepala Devisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Provinsi Maluku, Engelbertus H. Dumatubun, Kamis 9 November 2023.

Dia mengakui, keterlambatan ini bukan karena adanya kesengajaan, karena pendistribusian sudah melalui kesepakatan dengan pihak pengembang.

“Kami KPU Maluku hanya memastikan dan mendata setiap logistik pemilu ke daerah,” ujarnya.

Untuk Tanimbar dan MBD, kini dalam proses pendistribusian.
“Masih dalam perjalanan. Karena kan pakai kapal laut. Mungkin juga disesuaikan dengan keberangkatan kapal,” terangnya

.
Diungkapkan, kabupaten/kota di Maluku yang sudah menerima logistik tahap I diantaranya Kota Ambon, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Seram Bagian Timur (SBT), Maluku Tengah (Malteng), Buru, Buru Selatan (Bursel), Kota Tual, Kepulauan Aru dan Maluku Tenggara (Malra).

Untuk logistik tahap II berupa surat suara, Dumatubun menjelaskan, itu baru akan dicetak setelah penetapan pasangan calon presiden dan wakil presiden peserta Pilpres 2024.

“Nanti setelah penetapan pasangan Capres dan Cawapres baru lah bisa dicetak surat suara. Karena itu dilakukan serempak,” pungkasnya. (MON)

  • Bagikan