Warga Naku Minta Pj Walikota Batalkan Pelantikan Zadrak Gaspersz Sebagai Raja

  • Bagikan
Keterangan gambar: puluhan warga Naku, Kecamatan Leitimur Selatan, melakukan aksi di depan kantor Balai Kota Ambon, Kamis 9 November 2023.

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Puluhan warga Negeri Naku, Kecamatan Leitimur Selatan, melakukan aksi di Balai Kota Ambon, Kamis 9 November 2023. Warga Naku dari mata rumah parentah, meminta Penjabat Walikota Ambon, Bodewin Wattimena agar tidak melantik Zadrak Gaspersz sebagai raja definitif Negeri Naku.

Kepala Soa Negeri Naku, Charles Defretes, mengatakan Zadrak Gaspersz, bukan garis keturunan lurus raja Naku.

“Kedatangan kami atas rencana pelantikan saudara Zadrak Gaspersz, kami tekankan bawa yang bersangkutan bukan garis keturunan lurus,” katanya.

Dia meminta kepada Pj Walikota, agar dapat perhatikan dan menerima pernyataan dan penolakan tersebut.

“Rencana pelantikan yang sudah di Gembar gembor atas nama Zadrak Gaspersz ini kami mintakan dibatalkan oleh bapak Walikota Ambon,” teriaknya.

Dijelaslakan, sebagai warga negeri Naku, anak adat negeri Naku menginginkan seorang pimpinan seorang raja defenitif yang layak dan mampu untuk memimpin negeri Naku sesuai dengan garis Keturunan.

“Kami harapkan bapak Walikota Ambon tidak akan ambil kebijakan yang bertentangan dengan sejarah dan hukum adat yang ada di Negeri Naku ini,” jelasnya.

Ditegaskan, jika permintaan tersebut tidak di tindak lanjuti maka pihaknya akan melakukanhal yang sesuai dengan kewengaan sebagai anak negeri adat Naku.

“Kami inginkan dari Pemkot ambil langkah kebajikan yang di ambil sehingga proses yang menyangkut masyarkat adat di negeri Naku,” pungkasnya. (MON)

  • Bagikan