Dies Ke-36 Tahun, Polnam Terus Berbenah dan Berkarya

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Dies ke-36 tahun Politeknik Negeri Ambon (Polnam) terus berbenah dan berkarya menjadi pendidikan vokasi terbaik di Indonesia Timur.

Tepat hari ini, Kamis 5 Oktober 2023, Polnam menjejaki usia matang sebagai instansi pendidikan berbasis keahlian di Maluku.

Tentu banyak pencapaian yang telah diraih oleh kampus yang berlokasi di Negeri Rumah Tiga Kota Ambon itu.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Humas Polnam, Paulus Titaley kepada media ini, Rabu (4 Oktober ).

Di antaranya, 80 persen lulusan Polnam terserap di dunia kerja. Polnam juga melaunching kerjasama dengan Politechnika Czestochowska Polandia, dan Technische Universität Dresden Jerman.

Selain itu, Polnam juga menjalin kerjasama dengan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) terkait Hak Kekayaan Intelektual (HKI).

“Mahasiswa Polnam juga menjuarai sejumlah kompetisi yakni, lomba bahasa inggris tingkat nasional, olimpiade akuntasi vokasi untuk Bussiness Administration Competition (BAC), dan ada juga mahasiswa yang menjadi juara MTQ Nasional kategori putra dan lain-lain yang tidak saya sebut satu persatu,” ungkap Titaley.

Dijelaskan, target pencapaian Polnam kedepan sesuai dengan indikator kinerja Utama (IKU) dari kementerian pendidikan termasuk juga dari Politeknik Negeri Ambon sendiri.

“Jadi target-target besarnya kita, peningkatan prestasi mahasiswa, kemudian ada dosen yang sudah bisa menjadi guru besar. Selain itu juga kerjasama yang dibangun secara internal di Indonesia hingga kerja sama luar negeri dengan perguruan-perguruan tinggi negeri sudah tercapai di usia kita yang ke 36 tahun ini,” jelasnya.

Ia mengutarakan harapannya dengan sorotan tema Dies kali ini agar Polnam terus berbenah tapi terus berkarya sehingga target utama menjadi pendidikan vokasi terbaik yang berbasis keahlian di Indonesia Timur bisa tercapai.

“Lulusan kita juga sudah dibekali dengan sertifikat kompetensi yang dikeluarkan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP),” tandasnya.

Untuk kegiatan-kegiatan HUT Polnam tambahnya, ada kegiatan pra Dies dan ada kegiatan Dies. Untuk kegiatan pra Dies dilaksanakan Porseni dari tanggal 25 September sampai tanggal 4 Oktober 2023.

“Direktur kami, Pak Dady Mairuhu saat pencanangan Dies Polnam yang ke-36, beliau menyatakan tujuan kegiatan ini yakni untuk meningkatkan persaudaraan, persatuan, persekutuan, meningkatkan sumber daya yang handal untuk Politeknik Negeri Ambon (Polnam) untuk kemajuan bangsa dan negara,” tambahnya.

Diuraikan, porseni sifatnya kegiatan-kegiatan atau lomba untuk mahasiswa yang berorientasi pada persiapan mahasiswa untuk Porseni Politeknik se -Indonesia. Jadi Porseni itu secara nasional, makanya melalui ajang ini kami mempersiapkan mahasiswa kami. Selain itu ada juga perlombaan untuk dosen dan pegawai berupa permainan dan sebagainya. SSL)

  • Bagikan