Empat Agenda Rutin Bagi Maba UT Ambon

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Direktur Universitas Terbuka (UT) Ambon, Yuli Tirtariandi El Anshori mengatakan, ada empat agenda rutin yang harus dihadapi mahasiswa baru (Maba).
Empat agenda rutin tersebut diantaranya, OSMB, PKBJJ, Assessment Workshop, dan Klinik Ujian.

“Jadi ada empat kegiatan itu yang selalu kami berikan untuk mahasiswa baru guna peningkatan kapasitas mereka dalam mengikuti proses perkuliahan jarak jauh di UT Ambon,” ujar Yuli di Ambon, Senin 18 September 2023.

Menurutny, kegiatan OSMB dan PKBJ diarahkan untuk menyiapkan mahasiswa baru agar mereka siap menjalani kuliah agar bisa selesai tepat waktu. “Walaupun di UT tidak ada istilah drop out (DO) karena fleksibel, dimana mahasiswa menyesuaikan kecepatan mereka belajar atau menuntaskan studi sesuai dengan kemampuan masing-masing, tapi selesI tepat waktu juga hal yang sangat penting pula,” papar Yuli.

Di UT, lanjut Yuli, mahasisw yang mengambil sistem paket S1, rata-rata diarahkan agar kuliah tidK melebihi empat tahun, kalau mereka yang masuk dengan ijazah SLTA/sederajat.

“Kemudian nanti setelah ini akan ada dua agenda lagi yang akan kita laksanakan, kita sebutnya workshop tugas atau assessment workshop,” tambahnya.

Intinya, sambung Yuli, mahasiswa nantinya bisa mengerjakan tugas-tugas kuliah yang diberikan selama mereka mengikuti kuliah di UT.

“Workshop tugas itu biasanya kita susul nanti terakhir. Itu sebagai penutupnya adalah Assessment klinik atau klinik ujian. Jadi mereka akan kita bekali tips triknya bagaimana nanti mengerjakan soal-soal pada saat ujian akhir semester,” pungkasnya. (SSL)

  • Bagikan