UT Ambon Gelar OSMB dan PKBJJ Secara Luring

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Universitas Terbuka (UT) Ambon menyelenggarakan kegiatan Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) dan Pelatihan Keterampilan Belajar Jarak Jauh (PKBJJ) periode 2023/2024 dengan metode luar jaringan (Luring) di Amaris Hotel Ambon, Sabtu,16 September 2023.

“Di Kota Ambon sekitar 150 mahasiswa yang mengikuti kegiatan OSMB dan PKBJJ hari ini. Memang sebetulnya peminatnya banyak namun karena kita batasi, jadi kami buka pendaftaran bagi mahasiswa baru yang ingin mengikuti kegiatan orientasi secara luring,” ungkap Direktur UT Ambon, Yuli Tirtariandi El Anshori.

Menurutnya, secara bersamaan orientasi studi baru secara luring juga dilakukan di Hotel Isabela Masohi, Maluku Tengah. Pesertanya tidak lebih dari 100 orang karena mengingat kondisi ruangan yang kita gunakan.
Nanti pekan depan OSMB dan PKBJJ juga akan kita adakan secara luring di Namlea, Kabupaten Buru.

“Kemudian yang tidak mengikuti kegiatan secara luring, pekan depan akan kita adakan secara daring atau online. Total peserta luring maupun daring kalau kita lihat dari jumlahnya sekitar 1.200 orang. Kita juga mengadakan secara daring dan wajib diikuti bagi mahasiswa baru,” terangnya.

Tujuan UT menggelar OSMB dan PKBJJ sambungnya, adalah untuk memberikan bekal kepada mahasiswa baru, seperti apa proses pembelajaran di UT, karena modus pembelajaran kita berbeda dengan universitas atau perguruan tinggi konvensional.

“Apakah nanti mereka bisa mengatur waktu, mendisiplinkan diri untuk belajar kalau mereka sudah bekerja. Bagaimana mereka membagi waktu antara belajar dan bekerja, kemudian kita membekali diri mereka dengan bagaimana misalnya cara membaca yang efektif karena setiap mahasiswa kita bekali dengan buku materi pokok atau lebih sering dikenal dengan modul,” ungkap Yuli.

Ditambahkan, setiap hari mahasiswa akan dikasih pilihan untuk belajar modul yang mana dulu lebih dahulu. Nanti setiap hari mereka diajarkan cara membagi waktu, sehingga semua materi nantinya tuntas dipelajari sampai nanti saatnya ujian akhir semester.

“Selain mereka belajar mandiri dari buku materi pokok atau modul kita berikan mahasiswa bantuan layanan belajar yang lain,” tambah dia.

Lebih lanjut disampaikan, melalui bantuan belajar yang kita sebut Tutorial Online. Kelak diajarkan semua, selain mereka mengikuti bantuan belajar yang terstruktur oleh tutor, kita arahkan apabila diluar mereka harus bisa belajar sendiri dengan berbagai bahan belajar yang sudah diberikan atau diasediakan.

Untuk diketahui, turut hadir memberikan testimoni dr. Roby spesialis anak dari Rumah Sakit Siloam. Ia memberikan pengalaman bagaimana kuliah di UT dan juga memberi pemaparan materi bagaimana menciptakan Universitas Sehat.
Tak hanya itu, UT Ambon bahkan memiliki 15 mahasiswa dari kalangan dokter.

Di kesempatan yang sama, turut memberikan sosialisasi dari pihak PT. POS mengenai pembayaran UKT yang fleksibel, bisa dibayar di kantor pos secara tunai atau bisa gunakan aplikasi pos pay. Pemateri lain yakni pihak BPJS yang juga berikan pencerahan dan pengayaan tentang BPJS ketenagakerjaan. (SSL/ADV)

  • Bagikan