Gubernur Maluku Pimpin Konvoi Kendaraan Listrik di Ambon

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU) menggelar konvoi kendaraan listrik di Pulau Ambon, Sabtu (16/9/2023).

Konvoi yang dipimpin Gubernur Maluku, Murad Ismail itu mengambil tema ‘Electric Vehicle Baronda Ambon’ dengan rute awal Jalan Slamet Riyadi, Sirimau Kota Ambon atau tepatnya di depan Gong Perdamaian Dunia menuju ke Pantai Liang, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah.

Kegiatan ini turut dimeriahkan oleh Jajaran Polda Maluku, Pangdam XVI Pattimura, Jajaran Pemerintah Daerah, baik di tingkat kota maupun provinsi.

General Manager PLN UIW MMU, Awat Tuhuloula dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan ini sejalan dengan komitmen pemerintah untuk mencapai Net Zero Emissions 2060.

“Langkah agresif menuju Net Zero Emission 2060 dengan mempercepat transisi energi di Indonesia. Sinergi terus ditingkatkan agar transisi energi ini tidak hanya mampu menyediakan energi bersih tetapi juga mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.
Maka dari itu, kegiatan kami pada hari ini pun adalah sebuah bentuk nyata dari kami dalam mendorong ekosistem kendaraan listrik dan juga mengkampanyekan penggunaan energi yang lebih ramah lingkungan dan efisien di Provinsi Maluku,” sebut Awat, Sabtu, 16 September 2023.

Mengacu pada Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle/BEV) untuk Transportasi Jalan, menugaskan PLN sebagai penyelenggara supply tenaga listrik untuk Electric Vehicle atau Kendaraan Listrik.

Hal ini dibuktikan PLN dengan telah dibangunnya Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di beberapa titik. Di antaranya di kantor PLN ULP Ambon Kota, Jalan Sultan Hairun; kantor PLN UP3 Ambon, Jalan Kapten Piere Tendean; serta di Kantor PLN ULP Kairatu, Jalan Trans Seram.

Awat berharap, baik pemerintah maupun stakeholder terkait dapat sama-sama mendorong penggunaan kendaraan listrik di Provinsi Maluku, agar target Net Zero Emissions 2026 itu tidak tergelincir.

“Saya atas nama pribadi dan juga manajemen PLN UIW Maluku dan Maluku Utara mengucapkan terima kasih atas dukungan dari berbagai pihak yang telah membantu dalam penyelenggaraan kegiatan,” pungkasnya.

Gubernur Maluku, Murad Ismail menyampaikan apresiasinya kepada PLN UIW MMU yang telah mengampamyekan upaya penurunan emisi dalam kegiatan konvoi kendaraan listrik tersebut. Dia berkomitmen, pemerintah akan mendukung penggunaan kendaraan listrik di Pulau Raja-raja ini.

Kami pemerintah daerah sangat mendukung dengan kegiatan ini juga promosi tentang kendaraan listrik. Untuk itu, Saya minta peserta konvoi kendaraan listrik dapat menceritakan pengalaman menggunakan kendaraan listrik, apa manfaatnya, keuntungan, dan bagaimana upaya melestarikan, sehingga menarik dukungan dari masyarakat untuk lebih menggunakan kendaraan listrik,” ucap Gubernur Murad.(CIK)

  • Bagikan