Erick Thohir Ajak Milenial Tingkatkan Kesadaran Lalu Lintas

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Menteri BUMN, Erick Thohir, memberikan dukungan untuk pelaksanaan Gebyar Milenial dan Komunitas Otomotif Pelopor Keselamatan Lalu Lintas yang dilaksanakan, di Lapangan Tahapary, Mapolda Maluku, Jumat 15 September 2023. Kegiatan ini diharapkan dapat menekan angka kecelakaan lalu lintas di Maluku, khususnya Ambon.

“Lewat kegiatan ini, kita mengajak milenial dan komunitas otomotif untuk meningkatkan kesadaran berlalu lintas. Sehingga, angka kecelakaan di jalan bisa kita tekan,” katanya.

Menurut Erick, generasi muda merupakan pilar penting dalam membangun bangsa ke depan. Sehingga keselamatan diri dalam berkendara menjadi hal yang harus mendapatkan prioritas utama.

“Kami hadir untuk masa depan kalian dalam menjaga keselamatan, utamanya saat berkendara di jalan raya. Dalam perspektif kami, generasi muda merupakan tonggak penting dalam membangun bangsa,” ujarnya.

Dia menilai, safety riding menjadi satu hal yang penting untuk dapat terus diindahkan generasi muda dalam berkendara.

“Indonesia harus menjadi pemenang di tengah transisi global yang terjadi sangat cepat. Maka dari itu, jaga diri kalian. Jangan kebut-kebutan dan hal-hal yang negatif lainnya, karena masa depan Indonesia ada di tangan kalian,” tegas Erick.

Kapolda Maluku, Irjen Pol Lotharia Latif, menjelaskan jika kegiatan ini merupakan bagian dari HUT ke-68 Lalu Lintas Bhayangkara.

“Gebyar Milenial dan Komunitas Otomotif Pelopor Keselamatan Lalu Lintas akan menjadi bagian dari Operasi Zebra dan HUT Lalu Lintas Bhayangkara ke-68, yang juga hasil kerja sama HK Jasa Raharja melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) dan Polda Maluku,” jelasnya.

Salah satu indikator kualitas keselamatan lalu lintas adalah jumlah dan tingkat fatalitas kecelakaan, sehingga pemerintah, termasuk Polri, telah berupaya menekan angka kecelakaan melalui program-program keselamatan.

Namun, upaya tersebut tidak akan memiliki dampak yang optimal jika tidak diimbangi dengan adanya peran aktif dari masyarakat terutama para pengguna jalan.

“Hal ini dapat kita lihat dari perilaku pengguna jalan yang cenderung berpotensi meningkatkan jumlah maupun fatalitas kecelakaan,” ujar Kapolda.

Sementara direktur Hubungan Kelembagaan PT Jasa Raharja, Munadi Herlambang menegaskan bahwa pihaknya selalu mendukung upaya keselamatan lalu lintas.

“Kita pun berharap para pengguna kendaraan bisa mengikuti aturan lalu lintas yang berlaku, sehingga zero accident bisa diwujudkan,” katanya.

Munadi melanjutkan, penanggulangan kecelakaan lalu lintas harus dilakukan secara masif, sehingga pesan yang disampaikan dapat tersebar luas kepada seluruh masyarakat.

“Hal tersebut tentu tidak bisa hanya dilakukan oleh Jasa Raharja dan instansi terkait semata, tetapi juga perlu dukungan dari seluruh komponen masyarakat,” pungkasnya (MON)

  • Bagikan