Buka BK PON XXI Voli, Gubernur: Jaga Sportifitas

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Gubernur Maluku, Murad Ismail, resmi membuka Babak Kualifikasi (BK) Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Bola Voli Indoor Wilayah Indonesia Timur, bertempat di Sport Hall Karang Panjang, Kota Ambon, Jumat, 15 September 2023, sore.

Dalam sambutannya, Gubernur mengimbau kepada seluruh atlet agar tetap menjaga sportifitas selama proses pertandingan berlangsung hingga 20 September 2023.

“Dalam dunia kompetisi, menang kalah hal yang biasa, namun harus tetap fair, jadikan event ini sebagai ajang silaturahmi untuk memupuk kebersamaan, persatuan dan kesatuan di wilayah Indonesia Timur,” imbaunya.

Atas nama pribadi dan Pemerintah Daerah Provinsi Maluku, Gubernur mengucapkan selamat datang kepada seluruh peserta event babak kualifikasi PON XXI/ 2024 Wilayah Indonesia Timur dari Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat.

“Saya juga berharap event ini dapat berjalan dengan baik, tertib dan aman. Dan kepada official, wasit, dan juri juga harus jujur, adil, objektif dan tidak melihat secara sebelah mata,” harapnya.

Dia menjelaskan, pembukaan babak kualifikasi ini selain untuk mengukur pencapaian dan pembinaan atlet, juga merupakan syarat untuk menentukan provinsi yang akan lolos pada PON XXI/ 2024 di Aceh dan Sumatera Utara.

“Saya berharap lewat ajang ini dapat menjaring atlet-atlet yang berkualitas agar dapat mengikuti kejuaraan lebih tinggi hingga tingkat internasional,” jelas Gubernur.

Sementara itu, Ketua Panitia Fardi Hasanussi, mengungkapkan, peserta atau atlet dalam event ini berasal dari tiga provinsi di wilayah timur Indonesia. Di antaranya, 34 kontingen putra dan putri dari Provinsi Papua, 49 kontingen putra dan putri dari Provinsi Papua Barat dan 42 kontingen putra dan putri dari Provinsi Maluku.

“Kualifikasi ini adalah kegiatan penting yang dipercayakan untuk Maluku sebagai ajang menentukan kelolosan mewakili wilayah timur untuk PON 2024. Selain itu, untuk mencari bibit atlet bola voli yang berkualitas dan profesional untuk tingkat nasional maupun internasional,” pungkas Fardi.

Untuk diketahui, turut hadir dalam acara pembukaan tersebut, jajaran Forkopimda Maluku, Pengurus Pusat PBVSI, Pengurus KONI Maluku, serta Pengurus PSI Maluku. (SSL/ RIO)

  • Bagikan