Jalin Kemitraan, Konjen AS dan Amerikan Corner Unpatti Sambangi Polnam.

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Guna menjalin kemitraan, Konsulat Jenderal Amerika Serikat (Konjen AS) bersama American Corner Universitas Pattimura mengunjungi Politeknik Negeri Ambon, Kamis (14 September 2023).

Kunjungan ini merupakan bentuk kemitraan antara Kedutaan Besar AS dan Perguruan Tinggi di Indonesia, dan merupakan bagian dari jaringan global yang terdiri dari hampir 700 tempat serupa di seluruh dunia yang didedikasikan untuk memperkuat hubungan antara masyarakat Amerika dan masyarakat asing.

Direktur Polnam, Dady Mairuhu mengungkapkan bahwa ini merupakan sebuah peristiwa yang bersejarah karena baru pertama kali Konjen AS mengunjungi Politeknik Negeri Ambon.

Baginya, kunjungan ini merupakan bukti perhatian dari the United States of America kepada wilayah timur Indonesia dan Politeknik Negeri Ambon.

“Saya berharap melalui pertemuan ini ada sebuah kerjasama lebih lanjut antara Polnam dengan Konjen AS melalui American Corner”, harap Dady.

Direktur menuturkan, sesuai visi dan misi, Politeknik Negeri Ambon menyelenggarakan pendidikan vokasi berkualitas yang didukung oleh penelitian untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan selalu membangun kerjasama bersama pemangku kepentingan pendidikan.

“Dengan kunjungan ini, kami berharap dapat menjadi bagian dari program-program yang direncanakan oleh pemerintah Amerika Serikat di Indonesia, terutama dalam kerangka US Mission dan Energy Transition”, ungkap Direktur.

Ia juga menyampaikan keinginannya agar tersedia program beasiswa baik YSEALI maupun Fullbright bagi mahasiswa dan dosen Polnam sehingga memberikan manfaat bagi Maluku dan Indonesia Timur.

“Mari kita melihat ke masa depan dengan harapan dan optimisme. Tantangan dalam dunia pendidikan yang kita hadapi mungkin besar, tetapi juga besar potensi dan kemampuan kolektif kita. Sehingga kita memiliki kesempatan membentuk masa depan, menciptakan solusi dan membangun dunia yang lebih baik untuk generasi mendatang”, tandasnya.

Di kesempatan yang sama, Abraham Lee sebagai Deputy Cultural Affairs Officer And Director for America mengatakan, kunjungan pihaknya ke Polnam dalam rangka ingin membangun jejaring kerjasama dengan perguruan tinggi lainnya di kota Ambon.

“Politeknik Negeri Ambon merupakan perguruan tinggi yang berorientasi pada ilmu terapan, dan itu merupakan hal yang baik untuk pengembangan ke depan”, tuturnya.

Menurutnya, ada beberapa program studi di Politeknik Negeri Ambon yang bisa dibangun kerja sama. Seperti Bisnis dan Akuntansi begitu juga pada bidang ilmu teknik.

Senada dengan Lee, Marcy Carrel sebagai Regional Public Engagement Specialist (REPS) US Embassy menuturkan, ada banyak informasi yang bisa diperoleh mahasiswa maupun dosen Politeknik Negeri Ambon di American Corner Universitas Pattimura.

“Di American Corner, selain informasi tentang Amerika ada juga ruang untuk mengetahui informasi tentang kerjasama maupun beasiswa dari perguruan tinggi di Amerika Serikat. Ke depannya kami berharap ada kerjasama yang intensif antara Politeknik Negeri Ambon dengan Konjen AS melalui American Corner”, imbuh Marcy. (SSL)

  • Bagikan