Rakib Sahubawa Harus Fasilitasi dan Sukseskan Pemilu

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI, Tito Karnavian, meminta Penjabat (Pj) Bupati Maluku Tengah (Malteng), Rakib Sahubawa, agar dapat memfasilitasi dan mensukseskan agenda nasional, yaitu Pemilu 2024 serentak, yang terdiri dari Pilpres, Peleg dan Pilkada.

Demikian disampaikan Gubernur Maluku, Murad Ismail, saat membacakan sambutannya usai melantik Rakib Sahubawa berdasarkan Surat Keputusan Mendagri Nomor 100.2.1.3-3683 Tahun 2023 tanggal 5 September 2023, bertempat di Aula lantai VII Kantor Gubernur Maluku, Selasa, 12 September 2023.

Gubernur mengimbau kepada Rakib Sahubawa agar dapat melakukan koordinasi dengan Forkopimda, DPRD, instansi vertikal, TNI/Polri, tokoh agama dan elemen masyarakat lainnya, karena sebentar lagi akan memasuki masa penetapan calon presiden dan wakil presiden serta calon legislatif.

“Tahun 2024 adalah tahun politik terbesar bagi bangsa Indonesia. Salah satu tugas penting saudara sebagai penjabat bupati sebagaimana disebutkan dalam keputusan Mendagri adalah memfasilitasi dan mensukseskan agenda nasional tersebut, termasuk menjaga netralitas ASN di lingkup Pemkab Malteng,” ungkapnya.

Dikatakan Murad, keputusan pemerintah pusat untuk memberhentikan penjabat Bupati Maluku Tengah yang lama (Muhamat Marasabessy) dan mengangkat penjabat yang baru (Rakib Sahubawa), adalah merupakan hal yang biasa dalam mewujudkan tata kelolah pemerintahan yang baik dan benar.

“Dengan dilantiknya Rakib Sahubawa sebagai penjabat Bupati Malteng selaku wakil pemerintah pusat di daerah, maka hari ini dimulainya era baru. Dimana, Indonesia adalah negara hukum, maka seluruh proses penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, dan pelayanan masyarakat di atas bumi NKRI harus menempatkan hukum sebagai panglima,” paparnya.

Gubernur juga menegaskan akan memastikan melakukan pengawasan ketat terhadap kinerja penjabat berdasarkan laporan pertanggungjawaban pelaksanaan tugas yang wajib disampaikan setiap tiga bulan sekali.

“Saya berharap saudara memberikan perhatian yang serius terhadap aspek keamanan dan ketertiban untuk menjadi prioritas pemerintah daerah dan aparat keamanan. Karena itu, saudara wajib membangun komunikasi, koordinasi, dan kolaborasi dengan jajaran TNI/ Polri maupun aparat penegak hukum lainnya, demi terciptanya stabilitas keamanan dan ketertiban serta penegakan hukum di wilayah Malteng,” tegas Gubernur.

Dia menjelaskan, terkait arahan Presiden RI tentang pengendalian inflasi, penurunan stunting dan angka kemiskinan ekstrim, memudahkan investasi, belanja APBD bagi produk dalam negeri, serta menjaga stabilitas politik dan keamanan menuju pemilu dan pilkada tahun 2024, harus menjadi prioritas kerja di daerah.

“Akhirnya, selamat bekerja kepada saudara Rakib Sahubawa beserta Ibu Anna, anak-anak dan keluarga, atas amanah yang dipercayakan negara kepada saudara. Laksanakanlah dengan penuh rasa tanggungjawab, santun dan melayani,” tandas Gubernur.

Diketahui, Rakib Sahubawa sebelumya menjabat sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten Maluku Tengah, dan dilantik menggantikan Pj Bupati Maluku Tengah sebelumnya Muhamat Marasabessy. (RIO)

  • Bagikan