Hari Ini Sahubawa Dilantik sebagai Pj Bupati Malteng

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), Rakib Sahubawa, dijadwalkan akan dilantik oleh Gubernur Maluku, Murad Ismail, sebagai Penjabat Bupati Malteng pada Selasa, 12 September 2023, menggantikan Muhamat Marasabessy yang masa baktinya berakhir hari ini.

Kepastian jadwal pelantikan tersebut, sebagaimana disampaikan Sekda Provinsi Maluku, Sadali Ie, kepada wartawan di Ambon, beberapa hari lalu.

Rizal Sangadji, salah satu tokoh muda asal Malteng, mengatakan, dengan berbagai pengalaman sebagai seorang birokrat, Rakib Sahubawa dapat dengan mudah membawa perubahan dan melakukan akselerasi percepatan pembangunan kesejahteraan di daerahnya selama satu tahun kedepan.

“Pak Rakib adalah figur yang tepat dipilih untuk mengisi masa jabatan Bupati Malteng selama satu tahun kedepan. Karena sebagai seorang ASN sejak tahun 1998, pengalaman beliau sudah tidak diragukan lagi. Apalagi dalam melakukan akselerasi upaya-upaya percepatan terhadap pembangunan di wilayah Malteng, tentu itu akan jauh lebih mudah,” kata Rizal,

Pengalaman Rakib Sahubawa di birokrasi itu, kata Rizal, di antaranya pernah menjabat sebagai Kasubid Statistik dan Pelaporan BAPPEDA Provinsi Maluku sejak tahun 2007 -2009, Kasubid Penelitian dan Pengembangan BAPPEDA Provinsi Maluku 2009 -2010.

Kabid Penelitian dan Pengembangan Daerah BAPPEDA Provinsi Maluku 2010 -2011, Kabid Pengendalian Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah BAPPEDA Provinsi Maluku 2011-2012.

Kemudian Pj. Kepala BAPPEDA Kabupaten Malteng 2013-2017, Kepala BAPPEDA Kabupaten Malteng 2017-2019, Plt. Sekda Kabupaten Malteng 2017-2018, Penjabat Sekda Kabupaten Malteng 2018-2019 dan terkahir menjabat sebagai Sekda Kabupaten Malteng sejak tahun 2019 hingga sekarang.

“Pak Rakib Sahubawa juga banyak mendapatkan berbagai penghargaan, yang salah satunya menyabet penghargaan Inovator Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2021 yang diberikan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB),” ungkap Rizal.

Dikatakan Rizal, selain akselerasi pembangunan, Rakib Sahubawa juga harus mampu menyelesaikan berbagai persoalan mendasar lainnya dengan baik. Seperti penanganan stunting, kemiskinan ekstrim, inflasi dan soal realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Malteng yang mengalami defisit sebesar Rp 52 miliar.

“Soal pengelolaan keuangan daerah juga harus dikawal, sehingga tepat sasaran sesuai kebutuhan. Dan yang terpenting itu penyelesaian konflik antar desa. Saya kira masalah ini juga harus ada pendekatan khusus yang dilakukan Pak Rakib Sahubawa sebagai Penjabat Bupati Malteng,” harapnya.

“Juga dalam momentum tahun politik ini, ada Pileg dan Pilpres, saya kira menjaga netralitas ASN di lingkup Pemkab Malteng juga harus menjadi perhatian serius oleh Pak Rakib nanti pasca dilantik sebagai Penjabat Bupati Malteng,” sambung Rizal.

Sebagai anak Maluku, Rizal mengajak seluruh elemen pemuda khususnya di Kabupaten Malteng, agar dapat bersama-sama memberikan dukungan penuh kepada Rakib Sahubawa dalam menjalankan roda pemerintahan sebagai Penjabat Bupati Malteng yang lebih baik dan maju.

“Saya mengajak teman-teman semuanya, ayok kita kawal dan dukung penuh pemerintahan Kabupaten Malteng yang akan dipimpin Pak Rakib Sahubawa. Sehingga, apa yang menjadi harapan bersama untuk daerah ini bangkit dan sejahtera, dapat terwujud,” ajaknya.

Rizal juga memberikan apresiasi atas kinerja Muhamat Marasabessy sebagai Penjabat Bupati Malteng selama satu tahun terkahir ini.

“Meskipun masih terdapat kekurangan, saya kira itu wajar, karena masa jabatan beliau hanya satu tahun. Tapi setidaknya beliau sudah mengabdi dan berbuat untuk masyarakat Maluku Tengah,” pungkasnya. (RIO)

  • Bagikan