Tokopedia Bagikan Berbagai Manfaat serta Khasiat dari Minuman Rempah Tradisional untuk Kesehatan

  • Bagikan

Simak berbagai manfaat minuman rempah tradisional serta tren penjualan jamu dan wedang di Tokopedia 

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — INDONESIA, — Sejak dahulu, Indonesia sudah dikenal sebagai negara yang kaya akan rempah, sehingga jenis dan cita rasa makanan dan minuman Indonesia sangat beragam. Melimpahnya rempah-rempahan di tanah air tercinta ini pun mendorong masyarakat terdahulu berkreasi meramu minuman herbal tradisional atau jamu yang diharapkan dapat menyembuhkan tubuh dari penyakit hingga menjaga kesehatan dengan harga lebih ekonomis. 

Telah dipercaya sejak lama karena khasiatnya bagi sistem imun, minuman herbal tradisional seperti jamu kembali naik daun pada awal tahun 2020 tepat pada saat COVID-19 merebak di Indonesia. Maka dari itu, hingga kini minuman herbal tradisional, seperti wedang uwuh menjadi kebutuhan harian masyarakat Indonesia untuk menjaga kekebalan tubuh. 

Bahkan, data internal Tokopedia menunjukkan bahwa masyarakat di wilayah Kab. Pasuruan, Kab. Semarang, Kota Denpasar, Kota Cirebon, dan Kota Kediri tercatat sebagai beberapa kota dengan peningkatan jumlah transaksi minuman tradisional tertinggi dengan jumlah kenaikan rata-rata lebih dari 1,5 kali lipat selama semester I 2023 dibandingkan semester I 2022.

Sementara di sisi lain, kebiasaan masyarakat Indonesia mengonsumsi minuman herbal tradisional seperti jamu dan wedang juga turut didorong oleh rekomendasi link produk di media sosial yang dibagikan oleh  influencer atau Affiliate yang bergabung di Tokopedia Affiliate.

Tokopedia, melalui Rizky Juanita Azuz, selaku Kepala Divisi Corporate Affairs Tokopedia, mengatakan, “Menurut data kami, jumlah transaksi jamu serta wedang melalui Tokopedia Affiliate meningkat lebih dari 2 kali lipat pada periode semester I 2023 dibanding periode sama di tahun 2022.”

Melihat kebiasaan masyarakat Indonesia menyukai minuman yang terbuat dari bahan alami dan dapat memberikan manfaat bagi kesehatan pun menginspirasi Pelaku Usaha Rahsa Nusantara (Bandung), Ayu Budiyanti dan Pemilik Usaha Teeko (Yogyakarta), Guido Prakoso membangun bisnis ramuan tradisional yang kaya akan rempah alam. 

Terbiasa Konsumsi Bahan Alami, Pelaku Usaha asal Bandung Bangun Rahsa Nusantara  

Pelaku Usaha Rahsa Nusantara, Ayu Budianti sejak awal mengaku tidak menyukai konsumsi obat-obatan kimia sintetis saat sakit. Dibanding minum obat, Ayu lebih terbiasa mengonsumsi ramuan herbal karena dipercaya tidak memiliki efek samping yang buruk bagi tubuh. Kebiasaan ini akhirnya mendorong Ayu untuk memproduksi minuman tradisional berbahan alami dan berkualitas dengan membangun Rahsa Nusantara pada 2016. 

Untuk memberikan kualitas dan rasa khas rempah Indonesia, Rahsa Nusantara menggunakan bahan baku hampir 100% asli lokal, termasuk pada kemasan. Sebagai contoh, bahan baku yang digunakan Rahsa Nusantara seperti lemon, bunga telang, dan daun mint dipasok langsung dari petani Bandung. Sementara itu, jahe merah yang digunakan oleh Rahsa Nusantara diproduksi oleh petani asal Lampung.

“Ramuan alami secara tradisi digunakan masyarakat untuk menjaga kesehatan dan pemulihan. Harapannya ramuan alami Rahsa Nusantara bisa menjadi solusi modern untuk masyarakat yang membutuhkan pilihan dari herba dan rempah alami,” ucap Ayu yang turut memberdayakan puluhan petani dan supplier lokal di seluruh Indonesia.

Agar dapat terus melanjutkan mimpi Rahsa Nusantara dalam melestarikan kekayaan sekitar dan terus mendukung perempuan agar dapat memegang peranan penting, Rahsa Nusantara memanfaatkan Tokopedia untuk memperluas pasar. 

“Dengan berjualan di Tokopedia, Rahsa Nusantara berhasil memperluas pasar dan mendapatkan pembeli di luar Pulau Jawa. Papua dan Aceh adalah tujuan pengiriman produk terjauh yang berhasil kami jangkau. Bahkan, lewat Tokopedia, kami mendapatkan banyak pelanggan loyal dan meraup omzet dengan rata-rata hingga ratusan juta per bulannya,” ungkap Ayu yang telah memberdayakan puluhan perempuan yang termarjinalkan secara finansial di urban area kawasan produksi Rahsa Nusantara, Bandung.

Pelaku Usaha Wedang asal DI Yogyakarta Wujudkan Misi Lestarikan Minuman Tradisional

Selaras dengan Ayu, sebagai Pemilik Usaha Teeko, Guido Prakoso mengatakan bahwa budaya minum jamu atau ramuan tradisional di era modern secara perlahan tergerus. Sehingga mengalami tantangan dalam meningkatkan ketertarikan untuk mengonsumsi ramuan herbal, khususnya kepada konsumen milenial. 

“Melihat hal ini, kami memiliki misi untuk melestarikan minuman tradisional agar tak dilupakan anak muda Indonesia. Kami pun melakukan riset yang memakan waktu selama 1,5 tahun ketika memproduksi wedang uwuh. Begitu juga ketika kami memproduksi wedang bir mataram, risetnya pun sampai ke keraton DI Yogyakarta karena membutuhkan masukan dari para tokoh di keraton karena bir mataram sudah dikenal sebagai minuman di kerajaan Jawa sejak dulu,” ucap Guido.

Demi cita rasa wedang yang khas, Guido pun mengaku sangat selektif dalam memilih rempah yang digunakan. “Strategi kami adalah memfilter risiko besar dengan cara langsung berpindah supplier jika rempah yang kami terima ternyata tidak berkualitas,” jelas Guido. 

Agar dapat terus melanjutkan misinya untuk melestarikan minuman tradisional khas Indonesia, Guido memperluas pasar dengan berjualan di Tokopedia. Ia mengatakan, “Kami rutin menggunakan fitur TopAds untuk meningkatkan exposure. Dampaknya, transaksi Teeko berhasil meningkat hingga rata-rata 5 kali lipat. Selain itu, sejak berjualan online di Tokopedia, Teeko sudah melakukan pengiriman terjauh hingga ke Wamena dan Pulau Halmahera.”

Manfaat Rempah pada Minuman Tradisional untuk Kesehatan

Minuman herbal tradisional Indonesia atau jamu yang kaya akan rempah menjadi salah satu solusi bagi masyarakat yang lebih memilih bahan alami untuk tingkatkan kesehatan. Dengan meningkatnya ketertarikan masyarakat Indonesia terhadap minuman herbal, Tokopedia pun membagikan manfaat beberapa rempah pada ramuan khas nusantara.

1. Jahe

Selain bermanfaat untuk menguatkan rasa pada masakan, jahe sudah dikenal sejak dulu sebagai obat herbal. Secara tradisional, jahe dapat melindungi saluran pencernaan, sehingga dapat mengurangi risiko konstipasi dan gangguan pencernaan.

Kandungan jahe yang terdapat pada wedang produk Teeko, diakui Guido dapat melancarkan pencernaan. Menurut jurnal kesehatan NCBI*, jahe juga dapat melemahkan pertumbuhan plak dan lemak kolesterol.

“Masyarakat Indonesia mulai menyukai dan mengonsumsi Jahe untuk kesehatan mereka, ini terlihat juga di Tokopedia bahwa jumlah transaksi jahe dan wedang tertinggi selama semester I 2023 terjadi di wilayah Kota Medan, Kota & Kab. Bandung, Kota Semarang, Kota Surabaya, dan Kab. Sidoarjo,” ungkap Rizky. 

2. Kunyit

Ramuan kunyit dapat menghasilkan antioksidan dan antiinflamasi jika dikombinasikan dengan senyawa piperin** yang terdapat di lada hitam dan cabe jawa. Bahkan, dalam sebuah penelitian, kunyit dapat mengelola sindrom metabolik (gula darah, obesitas, dan kolesterol), nyeri pada sendi, dan kecemasan.  

“Untuk memberikan produk yang berkualitas, Rahsa Nusantara bekerjasama dengan petani asal Jawa Tengah untuk memproduksi kunyit karena cita rasanya yang lebih kuat dan khasiatnya yang lebih tinggi,” tambah Ayu. 

3. Kayu Manis

Penggunaan kayu manis pada minuman tradisional pun memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh masyarakat saat ini. Faktanya, zat yang terdapat pada kayu manis memiliki kemampuan memodifikasi respons sistem kekebalan tubuh. 

Beberapa gejala seperti susah tidur, berat badan naik, letih dan lesu bisa disebabkan oleh hormon yang tidak stabil. Oleh karena itu, kayu manis pada minuman tradisional dapat digunakan sebagai obat herbal alami untuk meringankan gejala tersebut. 

“Untuk membuat ramuan wedang uwuh khas Teeko, kami menggunakan kayu manis asal Kalimantan yang diracik bersama dengan rempah-rempah lainnya yang dapat meningkatkan imunitas karena kadar antioksidan yang tinggi,” ujar Guido. 

“Demi mendukung UMKM lokal agar menjadi raja di negara sendiri dan memenuhi kebutuhan terhadap kebutuhan gaya hidup sehat, Tokopedia melalui inisiatif Hyperlocal berkomitmen mendekatkan penjual dan pembeli di mana pun mereka berada. Serta memudahkan masyarakat mengakses produk yang mendukung gaya hidup sehat lewat berbagai program yang dihadirkan Tokopedia,” tutup Rizky.

***

Tentang Tokopedia

Tokopedia, perusahaan teknologi Indonesia, memiliki misi mencapai pemerataan ekonomi secara digital. Visi Tokopedia adalah membangun sebuah Super Ecosystem dimana siapa pun bisa memulai dan menemukan apa pun. Saat ini, Tokopedia memberdayakan jutaan penjual dan pengguna melalui marketplace dan produk digital, fintech dan pembayaran, logistik dan fulfillment, serta Mitra Tokopedia. Tokopedia adalah bagian dari grup GoTo, ekosistem digital terbesar di Indonesia yang mencakup Gojek, Tokopedia dan GoTo Financial.

  • Bagikan