Berhasil Raih 3 Rekor MURI, Kado Manis UT di Usia 39 Tahun

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Lagi, berhasil meraih penghargaan 3 (tiga) Rekor Museum Rekor Indonesia (MURI), Universitas Terbuka (UT) mendapat kado manis pada ulang tahun ke-39 di tanggal 4 September 2023.

Dengan demikian sudah 9 (sembilan) Rekor MURI yang diperoleh UT sejak tahun 2021 lalu.
Pada tahun 2023 ini, tiga Rekor MURI yang diraih UT meliputi: Perguruan Tinggi dengan Tempat Ujian di Negara Terbanyak (51 Negara), Perguruan Tinggi dengan Ujian Online Terbanyak (468.847 Peserta Ujian), dan Perguruan Tinggi dengan Penjualan Bahan Ajar Terbanyak (2.026.843 Eksemplar.).

Penghargaan pada tahun 2023 ini diberikan oleh perwakilan dari MURI Awang Raharjo mewakili Ketua MURI Jaya Suprana pada Acara Puncak Dies Natalis UT ke-39 yang digelar di Universitas Terbuka Convention Center (UTCC), (4/9/2023).

Rangkaian kegiatan Dies Natalis ke-39 UT telah dimulai sejak 30 Mei 2023 lalu dengan Tema yang diangkat kali ini adalah “Tatanan dan Budaya Kerja Baru Mewujudkan Indonesia Maju”.

Kegiatan melibatkan seluruh civitas akademika termasuk para mahasiswa dan seluruh pegawai untuk berpartisipasi dalam kegiatan lomba-lomba di Disporseni Nasional, serta kegiatan lain seperti pelaksanaan seminar hingga pengukuhan Guru Besar.

Dalam rangkaian acara Dies Natalis ke-39, UT mengenalkan tampilan baru Website UT (http://www.ut.ac.id) yang lebih kekinian dan fresh look dengan tujuan dapat meningkatkan awareness masyarakat terhadap keunggulan (selling point) UT.

Selain itu UT juga meluncurkan aplikasi Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) dan e-Asset dengan harapan masyarakat dan pegawai UT lebih mendapatkan layanan dan sistem informasi hukum dan aset-aset UT yang lebih up to date dan komprehensif. Kemudian setiap Dies Natalis UT selalu ditandai dengan peluncuran buku.

Pada Dies Natalis ke- tahun 2023 ini, UT meluncurkan beberapa buku antara lain:
Buku Quality Assurance of Blended & Online Learning: Standards and Implementation (Prof. Tian Belawati, M.Ed., Ph.D.), Buku Pendidikan IPS: Konstruktivistik dan Transformatif (Prof. Dr. Mohammad Imam Farisi), Buku Dosen (Bu Fatmawati dan Pak Zaidin, UT Makassar)
Buku Universitas Terbuka, 39 th Bertransformasi (Try Harijono), dan Buku Berbekal Doa Emak, Anak Desa Meraih Mimpi (Tri Harijono).

Terkait dengan peluncuran buku Biografi Rektor tersebut, Prof. Ojat Darojat menghadirkan Bapak Ibunya untuk berterima kasih khususnya kepada Ibu atau Emak, yang selama ini terus berdoa juga menanamkan karakter daya juang dalam menggapai pendidikan yang setinggi mungkin.

Hal lain dari acara Puncak Dies ke-39 UT Tahun 2023 ini adalah agenda penyampaian bentuk penghargaan UT kepada mitra terbaiknya.

Untuk diketahui, Acara Puncak Dies Natalis UT ke-39 dihadiri para pimpinan UT, Ketua Senat, Ketua Majelis Wali Amanat dan seluruh pegawai UT Pusat.

Sementara pegawai di UT Daerah termasuk UT Ambon, mahasiswa UT, peserta Disporseni Nasional UT 2023, dan masyarakat umum mengikuti acara puncak melalui Zoom Meeting dan live streaming YouTube UT-TV.

Sementara itu, Direktur UT Ambon Yuli Tirtariandi El Anshori mengatakan, Universitas Terbuka (UT) sebagai Perguruan Tinggi Negeri yang menjadi pelopor sistem pendidikan tinggi terbuka dan jarak jauh terus berbenah agar tetap menjadi pionir dan makin kokoh dalam pelaksanaan pendidikan jarak jauh.

“Universitas Terbuka tidak hanya harus menjadi yang pertama, tetapi juga selalu menjadi yang terbaik dalam pengembangan pendidikan tinggi terbuka dan jarak jauh di Indonesia. Di saat pandemi melanda, UT juga melebarkan sayapnya berperan serta membantu perguruan tinggi lain yang merasakan dampak besar sistem perkuliahan tatap muka akibat pandemi. UT semakin dilirik dan diminati kaum Milenial dan Gen Z yang memiliki literasi ICT yang lebih baik,” ucapnya. (SSL)

  • Bagikan