Anggota Bawaslu Kabupaten/ Kota Segera Dilantik

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Bawaslu Maluku dalam waktu dekat akan melantik pimpinan dan anggota Bawaslu Kabupaten/Kota di Maluku.
Pelantikan tersebut diperkirakan akan digelar diantara tanggal 16 sampai 20 Agustus 2023.

“Dalam waktu dekat bakal dilantik, berdasarkan SK yang diterima dari Bawaslu pusat, pelantikan anggota Bawaslu kabupaten/kota akan dilakukan pada 16 sampai 20 Agustus 2023,” kata
Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia Organisasi dan Diklat Bawaslu Provinsi Maluku, Stevin Mellay, kemarin.

Dia mengakui, Bawaslu RI sebagaimana SK Ketua Bawaslu Republik Indonesia Nomor 280/KP.01.00/K1/08/2023 tertanggal 12 Agustus 2023, pengumuman hasil seleksi terhadap tiga orang anggota Bawaslu Kabupaten/Kota dari enam orang calon yang mengikuti uji kepatutan dan kelayakan pada masing-masing kabupaten/kota sudah diumumkan pada tanggal 14 Agustus 2023.

“Untuk pelantikannya sebagaimana SK tersebut juga yakni akan berlangsung pada tanggal 16 sampai 20 Agustus 2023.
Jika melihat pada tanggal pengumuman dan waktu pelaksanaan pelantikan nanti, maka ada terjadi kekosongan posisi pimpinan Bawaslu di tingkat Kabupaten/Kota pada satu atau beberapa hari kedepan,” ujarnya.

Dijelaskan, sebagai lembaga yang sifatnya hirarki, sudah tentu pimpinan Bawaslu Provinsi yang akan mengerjakan tugas-tugas bawaslu kabupaten/kota sampai dengan adanya pelantikan.

“Kerja-kerja itu nantinya juga akan dibantu oleh pihak Sekretariat Bawaslu Kabupaten/Kota setempat sebagaimana amanat perundang-undangan yang ada,” pungkasnya. (MON)

  • Bagikan