Pemprov Bagikan 5.275 Bendera Merah Putih

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Pemerintah Provinsi (Pemrov) Maluku membagikan 5.275 bendera merah putih dalam rangka menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Negara Republik Indonesia (RI) ke-78 tahun 2023 dengan tema ‘Terus Melaju untuk Indonesia Maju’, berpusat di Tribun Lapangan Merdeka Ambon, Selasa, 1 Agustus 2023.

Sekretaris Daerah (Sekda) Maluku, Sadali IE, dalam sambutannya mengatakan, kegiatan tersebut adalah Pencanangan Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih Tingkat Provinsi Maluku yang merupakan Program Nasional.

Selain dalam rangka menyemarakkan Peringatan HUT RI ke-78 dan Tahapan Pelaksanan Pemilu Serentak tahun 2024 yang telah dimulai, juga bertujuan untuk mengantisipasi gesekan-gesekan yang dapat mengancam persatuan dan kesatuan bangsa, sekaligus untuk menggugah rasa patriotisme dan meningkatkan semangat nasionalisme.

“Gerakan pembagian 10 juta bendera merah putih dilaksanakan dengan pemikiran bahwa bendera merah putih merupakan identitas, simbol dan alat pemersatu bangsa Indonesia yang selama bulan kemerdekaan ini akan berkibar di seluruh wilayah kesatuan Republik Indonesia,” katanya.

Atas nama Pemerintah Daerah Provinsi Maluku, Sekda memberikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD), instansi vertikal dan pihak swasta yang telah berpartisipasi dalam pengumpulan bendera merah putih.

Bendera merah putih itu, lanjut Sekda, selanjutnya akan diserahkan secara simbolis kepada perwakilan Paguyuban, Organsiasi Masyarakat (Ormas), pihak swasta serta perwakilan kepala pemerintahan desa/kelurahan di wilayah Kota Ambon.

“Saya berharap saudara-saudara dapat mendistribusikan bendera tersebut kepada masyarakat untuk selanjutnya dikibarkan di rumah masing-masing mulai 1 Agustus sampai dengan 31 Agustus 2023. Jayalah Terus Indonesia. Merdeka,” harapnya.

Di kesempatan itu, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Maluku, Daniel E. Indey, dalam laporannya menjelaskan, kegiatan pengumpulan bendera merah putih dimulai sejak 17 Juli 2023, dengan melibatkan partisipasi OPD lingkup Pemprov Maluku, Lembaga/instansi Vertikal, BUMN/BUMD dan Swasta.

Dimana, bendera yang terkumpul sampai hari ini sebanyak 5.275 lembar dari target 5.000 lembar bendera. Dengan rincian, 4.000 lembar dari OPD lingkup Pemda Maluku dan 1.275 dari Instansi Vertikal/BUMN/BUMD dan Swasta.

“Bendera ini akan didistribusikan dengan cara membagikan kepada perwakilan pemerintah negeri/desa/kelurahan yang hadir pada kesempatan ini. Selain itu, pembagian langsung kepada desa-desa yang ada di wilayah Kota Ambon juga dibagikan langsung kepada masyarakat ke rumah-rumah penduduk yang belum memiliki bendera,” jelasnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan bendera merah putih kepada perwakilan penerima dan kepada pengguna jalan di depan Gong Perdamaian Kota Ambon.

Turut hadir, Kepala BIN Daerah Maluku Brigjen. TNI. Anto Irianto Popang, Ketua Forum Pembauran Kebangsaan Daerah Maluku Prof. Jhon Ruhulessin, para Staf Ahli Gubernur dan Asisten Sekda Maluku, Pimpinan OPD lingkup Pemprov Maluku, Pimpinan Kantor Perwakilan BI Maluku, Pimpinan Instansi Vertikal/BUMN/BUMD, Perwakilan Kepala Pemerintahan se-Kota Ambon, Pengurus Paguyuban dari 16 etnis, Pimpinan Ormas/OKP, dan unsur lainnya. (RIO)

  • Bagikan