Suminar Setiati Sehwaky Ancam Somasi Partai Ummat

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Staf teknis pada Divisi Penindakan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) Suminar Setiati Sehwaky, bakal melayangkan somasi kepada Partai Ummat guna mendapatkan keadilan atas namanya yang dicatut secara sepihak sebagai anggota partai politik tersebut.

Menurut Sehwaky, pemberitaan tentang pencatutan namanya pada partai besutan Muhammad Amien Rais itu juga, dikhawatirkan akan dapat menghambat proses tahapan kariernya saat ini yang sementara mengikuti seleksi calon anggota Bawaslu Kota Ambon.

“Saya mau klarifikasi bahwa saya tidak pernah bergabung di partai politik manapun. Olehnya itu, saya akan melakukan somasi ke Partai Ummat yang telah mencatut nama saya. Jika dalam waktu 1×24 Partai Ummat tidak menghapus nama saya, maka saya akan membawa masalah ini ke ranah hukum,” ancam Sehwaky, kepada koran ini, via seluler, Rabu, 26 Juli 2023.

Dijelaskan, sejak tahun 2017, dirinya sudah aktif tercatat sebagai staf teknis Bawaslu Kabupaten SBT. Di mana, salah satu syarat untuk menjadi staf di Bawaslu adalah tidak terlibat dalam partai politik manapun.

Dan ketika mengikuti seleksi calon anggota Bawaslu Kota Ambon, lanjut Sehwaky, pada tahapan sebelumnya ia sudah mengecek namanya, dan namanya tidak terdaftar di partai politik manapun.

“Kok tiba-tiba hari ini saya dikagetkan nama saya ada dalam kepengurusan Partai Ummat. Dengan demikian, maka berita tentang pencatutan nama saya pada partai politik tanpa sepengatahuan saya, tentu telah merugikan hak saya sebagai warga negara,” jelasnya.

“Mungkin ada yang mendapatkan KTP saya dan menginput masuk ke Partai Ummat tanpa sepengetahuan saya. Saya harap, ketika berita ini dipublish, Partai Ummat bisa mengambil sikap membersihkan nama saya dari pandangan publik. Karena saya sangat dirugikan sekali,” tambah Sehwaky.

Sementara itu, hingga berita ini diterbitkan, pihak Partai Ummat Provinsi Maluku yang coba dikonfirmasi koran ini belum dapat terhubung. (RIO)

  • Bagikan