Kodam Beri Pelatihan Manajemen bagi Bendahara Primkop

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan dalam menyajikan laporan keuangan, Kodam XVI/ Pattimura memberi pelatihan bagi Bendahara Primer Koperasi (Primkop) jajaran Pusat Koperasi (Puskop) Kartika Pattimura Tahun Anggaran 2023.

Kegiatan digelar di Kantor Koperasi dan UMKM Kota Ambon, Karang Panjang, Kelurahan Amantelu Kecamatan Sirimau, dibuka Kepala Staf Kodam (Kasdam) Pattimura Brigjen TNI Agung Pambudi.

Pangdam Pattimura Mayjen TNI Ruruh A Setyawibaya dalam sambutannya yang dibacakan Kasdam mengatakan, tata kelola Koperasi yang baik, sangat membutuhkan kemampuan untuk memahami sistem akuntansi dan manajemen pengelolaan keuangan pada Koperasi yang berlandaskan pada transparansi dan akuntabilitas.

“Diperlukan peningkatan kapasitas sumberdaya manusia pengurus Koperasi untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuannya dalam melaksanakan pengelolaan keuangan Koperasi sesuai dengan standar akuntansi keuangan yang berlaku,” ujar Pangdam.

Ketua Umum Puskop Kartika Pattimura Kolonel Inf Jocky Pesulima menjelaskan, tujuan pelatihan yang diikuti oleh 28 peserta untuk meningkatkan pemahaman, kemampuan dan kapasitas SDM sebagai pengurus koperasi.

“ Harapanya menghasilkan output sebagai pengurus Primkop yang mampu melaksanakan tugas pelayanan prima, secara mendasar terukur dan dapat dipertanggung jawabkan serta outcome mampu meningkatkan kualitas kesejahteraan Prajurit Kodam XVI/Pattimura,” ujarnya.

Sementara Brigjen TNI Agung Pambudi mengatakan, Kodam selalu memberikan dukungan dan support kepada pengurus Puskop.

“Kodam memberi wawasan tambahan ilmu Koperasi, utamanya bagi para bendahara. Sehingga begitu masuk melakukan kegiatan sehari-hari di Koperasi masing-masing mereka akan paham dengan ilmu, kemampuan mereka selaku bendahara di tiap-tiap ke Koperasi,” kata Agung Pambudi kepada Rakyat Maluku.

Sementara Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Ambon Mohammad Nasir Kilkoda menjelaskan, pendidikan akuntansi ini penting bagi seorang bendahara.

“Melalui pendidikan ini akan menjadi sangat penting untuk lebih meningkatkan kapasitas mereka menjadi pengurus Koperasi,” tutur Kilkoda kepada Rakyat Maluku.

Menurut Kadis Koperasi, apa yang dilakukan Kodam Pattimura ini tepat. Kodam, sambung Mohammad Nasir Kilkoda, selalu mengandeng Dinkop Ambon dalam setiap kegiatan mereka.

“Kodam sering mengundang kami untuk melakukan pembinaan. Kita punya tenaga yang kita bantukan untuk bisa memberikan materi kepada mereka,” tandasnya.

Untuk diketahui, para pemateri pada Pelatihan Manajemen dan Akuntansi Koperasi bagi Bendahara Primkop Kartika Jajaran Puskop Kartika Pattimura TA 2023, terdiri dari Kolonel Inf Jocky Pesulima, Ramona Maelissa, Fredy Talapessy, Refi Lestaluhu, Akhmad Hamam, dan Hanna Clarissa
V Marpaung. (AAN)

  • Bagikan