Remas Baitturrahman Tanjung Batumerah Gelar Pawai Obor Peringati 1 Muharram 1445 Hijriah

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Remaja Masjid (Remas) Baitturrahman, RW 05, Kompleks Tanjung, Negeri Batumerah, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, menggelar pawai obor dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharam 1445 Hijriah, Selasa, 18 Juli 2023, malam.

Pantau media ini, puluhan remaja ini melakukan pawai obor selepas Salat Isya, dengan mulai star dari Gapura Tanjung, berjalan kaki melewati sepanjang Jalan Jenderal Soedirman kemudian masuk pemukiman rumah warga RT 003 sampai RT 002 dan finish di lapangan RT 001.

Rasa bangga, haru dan syukur nampak dari raut wajah masyarakat setempat, khususnya para orang tua yang ikut menyaksikan langsung anak-anaknya berjalan kaki membawa obor sambil menyanyikan lagu sholawat diiringi pukulan Rabbana.

Ketua Panitia, Ican Pattisahusiwa, mengaku tak menyangka akhirnya para remaja di lingkungan RW 05 dapat bersatu bersama-sama merayakan Tahun Baru Islam 1 Muharam 1445 Hijriah dengan pawai obor perdana ini.

“Ini sejarah untuk kita semua, sebab sekian tahun lamanya, sejak jaman orang tua bahkan kakek/ nenek kita di lingkungan ini, belum pernah ada pawai obor dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam. Jadi, ini adalah pawai obor perdana yang dilakukan di lingkungan RW 005,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, banyak nilai positif yang bisa diambil dari kegiatan pawai obor ini, salah satunya mengandung nilai gotong royong. Hal ini bisa dilihat dari mulai membuat obor bambu bersama, mempersiapkan segala kebutuhan hingga saling membantu saat pawai sedang berlangsung.

“Tentunya, tujuan utama kegiatan ini untuk mempererat tali silaturahmi antar warga. Dan yang lebih penting memupuk kebersamaan di antara sesama warga serta memperkuat ukhuwah Islamiyah dalam rangka memperkokoh persatuan dan kesatuan warga di lingkungan perumahan,” jelas Ican. (RIO)

  • Bagikan