Perawat Se-Indonesia Ikut Rakernas.

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID, AMBON, — Perawat yang tergabung dalam Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) ikut Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di The Natsepa Hotel, Maluku Tengah, Jumat 9 Juni 2023.

Tujuan Rakernas PPNI merupakan forum yang penting untuk merumuskan kebijakan dan arah organisasi.

“PPNI memiliki peran penting dalam membantu perawat menghadapi tantangan di masa depan,” kata
Ketua DPP PPNI, Harif Fadhillah.

Menurut dia, PPNI harus memastikan perawat memiliki akses ke pendidikan dan pelatihan yang diperlukan untuk meningkatkan kompetensi mereka. Sehingga menghasilkan pengetahuan baru dalam bidang perawatan kesehatan.

“PPNI juga harus memperjuangkan hak-hak perawat, termasuk peningkatan upah, perlindungan hukum, dan kondisi kerja yang baik,” ujarnya.

Rakernas ini akan diisi beberapa kegiatan diantaranya seminar tentang isu RUU Kesehatan Omnibus Law dan dilanjutkan dengan sidang-sidang pleno.

“Ada pleno perkembangan organisasi DPP PPNI, Pembahasan Perkembangan RUU Kesehatan OBL, Penyampaian Perkembangan Organisasi DPP dan DW PPNI Provinsi se-Indonesia,” jelasnya.

Dia mengakui tujuan utamanya yaitu
mengidentifikasi isu-isu kunci di bidang perawatan kesehatan dan mengembangkan strategi untuk menghadapinya.

“Rakernas PPNI akan membahas dan mengambil keputusan terkait standar praktik, regulasi, keanggotaan, dan peran organisasi dalam mendorong pengembangan profesi perawat,” terangnya.

Selain itu, Rakernas juga bertujian peningkatkan Kompetensi Profesional dan Mempertajam Visi dan Misi PPNI.

“Tujuannya adalah untuk mengidentifikasi perubahan lingkungan yang terjadi dan mengadaptasi tujuan organisasi untuk memenuhi kebutuhan perawat dan tuntutan pelayanan kesehatan yang berkembang,” bebernya.

Memperkuat Jaringan dan Kolaborasi, Rakernas PPNI menyediakan kesempatan bagi perawat dari berbagai wilayah untuk berkumpul dan berinteraksi. Tujuan uuntuk memperkuat jaringan profesional, membagikan pengalaman, dan mendorong kolaborasi antara perawat di seluruh Indonesia. Melalui pertukaran pengetahuan dan ide-ide, Rakernas PPNI bertujuan untuk memperkuat solidaritas dan kebersamaan dalam profesi perawat.

Mengadvokasi Profesi Perawat. Salah satu tujuan penting dari Rakernas PPNI adalah untuk meningkatkan pengakuan dan perlindungan terhadap profesi perawat.

“Melalui forum ini, PPNI dapat mengadvokasi hak-hak perawat, memperjuangkan kebijakan yang mendukung pengembangan dan kesejahteraan perawat, serta meningkatkan citra dan martabat profesi perawat di mata masyarakat,” pungkasnya. (MON)

  • Bagikan