Tingkatkan Kesehatan dan Kebersihan Lingkungan Lewat EVP, PLN UP3 Tual Fokus Benahi Taman Fire

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Tual menggelar aksi bersih lingkungan tepatnya di Taman Fire, Kabupaten Maluku Tenggara (Malra), Maluku, Jumat 26, Mei 2023).

Manager PLN UP3 Tual, Martinus Irianto Pasensi mengatakan, kegiatan bersih-bersih ini melibatkan seluruh pegawai maupun Tenaga Alih Daya (TAD) PLN UP3 Tual, yang merupakan turunan program PLN Pusat yaitu Program Relawan Pegawai.

“Program Relawan Pegawai atau yang biasa disebut dengan Employee Volunteer Program (EVP) bertujuan untuk membangun dan meningkatkan jiwa kepedulian komunitas pegawai PLN agar terlibat secara aktif dalam memberikan manfaat positif di lingkungan sekitar,” ujar Martinus.

Adapun target EVP kali ini dilakukan di Taman Fire. Taman ini sendiri merupakan salah satu ruang terbuka publik di Malra yang digunakan untuk melaksanakan aktivitas santai sehar-hari.
Sayangnya, kerap dipenuhi dengan pemandangan sampah berserakan yang berdampak buruk bagi kesehatan.

Berbagai jenis sampah, seperti dedaunan, ranting dan batang pohon, kertas, hingga sampah plastik tak luput dari pandangan mata, sehingga sontak membuat pengunjung enggan mengunjungi lokasi tersebut.

Pegawai PLN, kata dia, dituntut untuk dapat lebih peka terhadap kebutuhan lingkungan sekitar.

Selain itu juga diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata, baik dalam hal pendidikan, ekonomi, lingkungan hidup.

“Kami harap kegiatan ini dapat berjalan secara rutin, bukan hanya difokuskan di lingkungan hidup saja, melainkan di sektor lainnya juga, seperti pendidikan dan ekonomi,” harap Martinus.

General Manager PLN UIW Maluku dan Maluku Utara, Awat Tuhuloula mengatakan, aksi ini merupakan bagian dari dari Employee Volunteer Program (EVP), di mana sudah menjadi tuntutan setiap pegawai untuk mempunyai andil dalam program sosial kemasyarakatan.

“Setiap pegawai mempunyai peranan untuk menjalankan program ini sehingga dapat meningkatkan rasa kepedulian, antusias serta tanggung jawab terhadap sosial maupun lingkungan. Penyadartahuan akan pentingnya menjaga lingkungan ini akan menjadi agenda PLN ke depannya, sehingga program ini bukan hanya angin lalu saja, melainkan dapat diterapkan secara berkelanjutan”.

Awat pun mengajak seluruh pegawai maupun masyarakat sekitar untuk lebih peka menjaga lingkungan, dan selanjutnya koordinasi dengan Dinas terkait pun akan dimaksimalkan.(CIK)

  • Bagikan