IAIN Ambon Gelar Upacara Harla Pancasila 1 Juni 2023

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID, AMBON, — Pegawai dan dosen di lingkup Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon menggelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2023 yang dipusatkan di halaman parkir Gedung Rektorat IAIN Ambon. Kendati diguyur hujan, upacara tetap berlangsung dalam semangat Pancasila.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Rektor IAIN Ambon, Prof. Dr. Zainal Abidin Rahawarin, M.Si dan, Pemimpin Upacara, Bagdaludin Lagunu.

Rektor IAIN Ambon, Prof. Dr. Zainal Abidin Rahawarin, M.Si dalam sambutannya menyatakan, peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2023 sebagai pondasi kuat yang mengarahkan bangsa Indonesia menuju kehidupan berbangsa dan bernegara yang adil, makmur, dan beradab.

Pancasila, yang terdiri dari lima sila yang saling melengkapi, membawa pesan­pesan luhur yang tidak boleh dilewatkan begitu saja.

“Sila pertama, Ketuhanan Yang Maha Esa, mengajarkan kita untuk senantiasa bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas segala karunia dan anugerah¬≠ Nya.”

“Sila kedua, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, mengajarkan kita untuk saling menghargai, menghormati, dan berlaku adil terhadap sesama manusia tanpa memandang perbedaan ras, agama, suku, atau gender.”

“Sila ketiga, Persatuan Indonesia, mengajarkan kita untuk bersatu padu sebagai bangsa Indonesia, membangun persatuan dalam keberagaman, dan menghormati perbedaan sebagai kekayaan yang harus kita pelihara. Sila keempat, Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan, mengajarkan kita tentang pentingnya partisipasi aktif masyarakat dalam pembangunan dan pentingnya pendekatan musyawarah dan mufakat dalam pengambilan keputusan yang berkaitan dengan nasib bangsa. Serta, sila kelima, Keadilan Sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.”

“Kita harus mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila dalam segala aspek kehidupan, mulai dari keluarga, sekolah, hingga masyarakat luas.”

Pada perayaan Hari lahir Pancasila ini, Rektor mengajak civitas IAIN Ambon memperkuat komitmen untuk menjadikan Pancasila sebagai pedoman hidup dan landasan berbangsa, sesuai tema Harla Pancasila tahun ini. “Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global”.

Senantiasa meningkatkan toleransi, saling menghormati, dan kerjasama untuk membangun negara yang maju dan sejahtera. Tingkatkan rasa kebanggaan sebagai anak bangsa, merawat dan mempertahankan persatuan dan kesatuan bangsa. “Terakhir, marilah kita bersyukur atas limpahan karunia Tuhan kepada bangsa Indonesia. Saya berharap, semangat Pancasila senantiasa tumbuh di sanubari kita,” pesan Rektor.

Upacara ini diikuti seluruh Wakil Rektor, para Dekan dan Wakil Dekan, Direktur Pascasarjana dan Wakil Direktur Pascasarjana, Kepala Biro AUAK, para Kabag dan Kasubag, Kepala Pusat, para Kajur dan Sekjur, serta pegawai di lingkup IAIN Ambon, baik ASN maupun honorer, serta para dosen. (WHL)

  • Bagikan