KNPI dan Kejati Maluku Bahas Berantas Korupsi

  • Bagikan

KNPI dan Kejati Maluku Bahas Berantas Korupsi

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Maluku dibawah kepemimpinan Arman Kalean, menemui Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi (Wakajati) Maluku, Andi Darmawangsa, di Kantor Kejaksaan Tinggi (Kejati) Maluku, Senin, 22 Mei 2023.

Juru bicara (Jubir) DPD KNPI Maluku, Santos Walalayo, mengatakan, dalam pertemuan itu dibicarakan sejumlah kerjasama khususnya sinergitas dalam pencegahan tindak pidana korupsi

“Tadi kami membahas sejumlah bentuk kerja sama, dalam hal ini sinergitas dari pencegahan korupsi oleh Kejaksaan dan elemen masyarakat, khususnya pemuda. Apalagi, di bidang hukum KNPI ada bidang pencegahan korupsi. Nah, tinggal dipadu mesrakan saja,” kata Walalayo, kepada rakyatmaluku.fajar.co.id, Senin, 22 Mei 2023.

Dia mengungkapkan, KNPI Maluku sangat mengapresiasi program Kejati Maluku yakni Jaga Desa dan Jaksa Masuk Sekolah (JMS). Menurutnya, program Jaga Desa dan JMS sangat penting diselaraskan dengan beberapa program-program pada bidang KNPI.

“Tadi kami juga diberi kabar segar kalau pihak Kejaksaan siap menjadi narasumber pada kegiatan-kegiatan pencerahan hukum di masyarakat. Luar biasa sambutan Pak Andi Darmawangsa selaku Wakajati yang baru,” tutur Walalayo.

Dia mengungkapkan, dari informasi pengamatan korupsi di Maluku, angka korupsi pada penggunaan anggaran dana desa (ADD) dan alokasi dana desa (ADD), terjadi hampir 10 desa setiap tahun.

“Maka rentan terjadi korupsi DD-ADD pada desa-desa dengan karateker dan Desa Administratif atau yang baru dimekarkan. Untuk itu menjadi tanggung jawab sosial bagi pegiat sosial, demokrasi, dan anti korupsi guna terus melakukan edukasi kepada masyarakat,” papar Santos. (RIO)

  • Bagikan