Dukungan Peserta Kongres, Wilem Wandik Kembali Maju Sebagai Ketum GAMKI

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Dukungan terus mengalir kepada incumbent Ketua Umum Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI), Wilem Wandik, untuk periode 2023 – 2028. Sebab, anggota DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat itu dinila dekat dan royal kepada pengurus GAMKI.

Terbukti ketika GAMKI kerap tertunda pelaksanaan Kongres ke-12 yang seharusnya Agustus 2022, namun support penuh dari Wilem Wandik, akhirnya Kongres ke-12 bisa dilaksanakan di Kota Ambon pada 14 – 18 Mei 2023. Disisi lain, Wilem Wandik dapat menjalankan organisasi GAMKI.

“Kongres GAMKI yang digelar di Kota Ambon, Provinsi Maluku tidak lepas dari peran Ketua Umun DPP GAMKI Willem Wandik yang menggelontorkan uang pribadinya. Berani berkorban agar terselenggaranya kongres,” kata Ketua Bidang Keadilan dan Kebenaran DPP GAMKI, Pdt. Ronald Richard Tapilatu.

Seperti diketahui, biaya penyelenggaraan kongres dibutuhkan sebesar Rp 2-3 miliar.

“Tanpa Wandik, mungkin akan sulit kongres digelar. Makanya gak heran kalau Ketua Umum dan Sekretaris Umum DPP GAMKI Periode 2003-2007, Sahat Sinaga dan Nikson Gans lalu mengatakan perlu mempertahankan Willem Wansik,”ucap Ronald yang juga Pokja Papua Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) itu.

Ronald mengakui, sosok Willem Wandik ringan tangan, dan juga memiliki jaringan luas yang akhirnya membantu organisasi GAMKI berjalan dengan lancar.

Willem Wandik, adalah Ketua Umum DPP GAMKI periode 2019-2023. Selain itu, Wandik juga Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat.

Selanjutnya, Wandik yang juga menjabat Wakil Ketua Umum DPP Partai Demokrat juga didapuk menggantikan Lukas Enembe sebagai Plt Ketua DPD Partai Demokrat. Pasalnya, Lukas Enembe yang juga menjabat Gubernur Papua ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Diakui Ronald, GAMKI di bawah kepemimpinan Willem Wandik banyak program berjalan dengan baik. “Apalagi orangnya selama ini sangat sederhana,” tambah Ronald.

Sementara itu, Ketua MPO GAMKI Michael Wattimena menegaskan, sosok Willem Wandik dinilai tepat untuk memimpin GAMKI ke depan.

“Hanya Willem Wandik yang cocok untuk memimpin GAMKI ini,”kata mantan Wakil Ketua Komisi V Fraksi Partai Demokrat itu.

Dalam pembukaan Kongres XII GAMKI, Menteri Pemuda Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo mengatakan, Kemenpora akan selalu berkolaborasi dengan GAMKI.

“GAMKI adalah organisasi pemuda yang memiliki peran strategis, saya sudah tiga kali menerima GAMKI,” ucap Dito

Menpora Dito mengetok tifa, gendang khas asal Maluku, sebagai tanda Kongres XII GAMKI dibuka.

Hadir mendampingi Menpora dalam pemukulan tifa, Michael Wattimena, Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Merchy Ch Barends, Sekretaris Umum Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) Pdt. Jacklevyn Fritz Manuputty, Deputi I Kepala Staff Presiden (KSP) Febri Calvin Tetelepta, Sekretaris Umum DPP GAMKI Sahat Martin Philip Sinurat, Sekretaris MPO Johan Rontoknam, Anggota MPO Esther Telambanua, Ketua Umum DPP GAMKI periode 2007-2011 Dating Palembangan.

Seperti diketahui selain Willem Wandik, beberapa bursa nama calon ketua umum beredar di arena kongres, diantaranya Sekretaris Umum DPP GAMKI Sahat Sinurat, Ketua Bidang DPP GAMKI Indra Raja Guguk, mantan Ketua Bidang Organisasi Komunikasi dan Keanggotaan Dikson Siringoringo, dan mantan Ketua Umum PP GMKI Korneles Galajinjinay. (RIO)

  • Bagikan