Menpora Ajak Pemuda Peran Aktif di Pemilu 2024

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — JAKARTA, — Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo, mengajak seluruh elemen pemuda untuk berperan aktif di pemilihan umum (Pemilu) tahun 2024 mendatang, dan turut serta menjaga keamanan dan ketertiban.

“Melalui kesempatan ini, saya mengajak seluruh pemuda untuk menggunakan hak pilihnya pada pemilu mendatang,” katanya, saat membuka Kongres XII Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI), di Gedung Kristiani Center, Ambon, Minggu, 14 Mei 2023.

Dikatakan Menpora, keterlibatan para pemilih milenial dalam perhelatan pesta demokrasi pemilu dapat menentukan arah bangsa kedepannya. Apalagi, besarnya suatu bangsa sangat ditentukan oleh keterlibatan para pemuda.

“Sejarah mencatat bahwa pemuda memiliki peran sangat penting dalam setiap perubahan yang terjadi di negeri ini. Banyak sekali peristiwa sejarah menunjukkan aksi nyata pemuda bagi kemajuan bangsa,” ungkapnya.

Menpora juga berharap peranan GAMKI terus memberikan sumbangsi serta kontribusi pemikiran bagi bangsa Indonesia.

“Saya menyambut baik Kongres GAMKI ini. Dan kedepan kita semakin memperkuat kolaborasi dengan GAMKI. Dan saya berharap GAMKI bisa merumuskan peran strategis dan menyusun aksi nyata peran pemuda,” harapnya.

Di kesempatan itu, Ketua Umum GAMKI, Wilem Wandik, yang diwakili Stenly Salenusa, mengajak peserta kongres untuk mengambil bagian dalam perhelatan besar GAMKI.

Hal ini mengingat GAMKI telah menetapkan isu strategis yang perlu dikerjakan dan dijalankan. Di antaranya, memantapkan positioning gereja sebagai pusat gerakan pemersatu umat dan menetapkan peran atau action sebagai role mode modal publik.

“Juga menetapkan pancasila sebagai sumber inspirasi menuju persatuan. Dan tidak ketinggalan yaitu memantapkan komitmen perlindungan terhadap demokrasi kebebasan berpendapat,” jelas ketum GAMKI.

Turut hadir, Ketua Umum GAMKI Wilem Wandik, Ketua MPO GAMKI yang juga politisi Partai Demokrat Michael Wattimena, Anggota DPR RI Mercy Chriesty Barends, Wakil Gubernur Maluku Barnabas N. Orno, Ketua DPRD Maluku Benhur G. Watubun, Penjabat Walikota Ambon Bodewin Wattimena, dan perwakilan Organisasi Kepemudaan (OKP) di Maluku.

Untuk diketahui, Kongres GAMKI Ke-12 akan berlangsung hingga 18 Mei 2023. Tujuannya, untuk memilih ketua umum periode 2023-2028. Dimana, acara ini dihadiri 1.000 peserta. Yakni, perwakilan dari 220 DPC (kabupaten/ kota) dan 28 DPD (provinsi) di Indonesia, dengan dua orang peserta biasa tiap DPC dan DPD. (RIO)

  • Bagikan