Legenda Sprinter Putri Indonesia Berdarah Maluku Telah Tiada

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Legenda atletik Indonesia, Carolina Rieuwpassa, meninggal dunia di RS Stella Maris, Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (16/3).

Kabar duka meninggalnya Carolina diungkap Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Marciano Norman.

“Selaku Ketua Umum KONI Pusat, saya mengucapkan turut berduka cita atas berpulangnya atlet kebanggaan Indonesia, Carolina Rieuwpassa. Semoga beristirahat dengan tenang dan mendapatkan tempat yang mulia di sisi Tuhan yang Maha Esa,” ujar Marciano dikutip Rakyat Maluku dari Antara.

“Jasamu akan selalu kami kenang dan perjuanganmu menorehkan prestasi untuk Indonesia, akan kami lanjutkan. Selamat jalan Patriot Olahraga Indonesia,” ucap Marciano.

Carolina merupakan pelari putri pertama yang mewakili Indonesia di ajang Olimpiade. Atlet kelahiran 7 Februari 1949 itu tampil di Olimpiade 1972 Munich dan Olimpiade 1976 Montreal.

Carolina berlaga pada nomor 100 meter dan 200 meter di Olimpiade 1972. Empat tahun kemudian Carolina kembali mewakili Indonesia pada Olimpiade 1976 di Montreal, Kanada.

Di tingkat Asia, atlet berdarah Haruku (Maluku) tersebut meraih medali perunggu 100 meter dan 200 meter Asian Games 1970 Bangkok.

Carolina juga meraih emas SEA Games 1977 Kuala Lumpur dan perak 200 meter pada multi-cabang yang sama. (ROS)

  • Bagikan