JCH Maluku Diminta Lunasi BIPIH

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BIPIH) bagi JCH yang akan diberangkatkan pada musim haji tahun 1444 H/2023 M akan di tutup pada tanggal 5 Mei 2023. Itu artinya, tersisah sehari lagi , kesempatan bagi JCH Maluku untuk segera melunasinya.

Atas kondisi ini, Pelaksana Tugas (Plt) Kabid Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Maluku, Rusydi Latuconsina meminta adanya perhatian serius dari para JCH.

“Bagi keluarga dan kerabat maupun teman sedianya dapat menginformasikanya kepada JCH tersebut untuk segera melakukan setoran pelunasan BIPIH mengingat proses pelunasan itu segerah ditutup pada 5 Mei 2023, “pinta Latuconsina, Rabu, 3 Mei 2023 Mei 2023.

Ia mengungkapkan, dari total kuota 1.086 JCH Maluku, tersisah 294 JCH yang belum melakukan pelunasan itu. Total besaran BIPIH yang harus dilunasi JCH adalah sebesar Rp.52.182.703,26.

Biaya ini dipergunakan untuk keperluan pelayanan embarkasi haji yang terkonsentrasi pada layanan penerbangan haji, biaya hidup (living cost), serta Sebagian biaya layanan Arafah, Mudzalifah, dan Mina.

Ketentuan biaya ini berlaku bagi jemaah haji, Petugas Haji Daerah (PHD), dan Pembimbing Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umroh (KBIHU).

Hal ini berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) tentang Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1444 Hijriah/2023 Masehi yang Bersumber dari Biaya Perjalanan Ibadah Haji dan Nilai Manfaat yang sudah terbit.

Keppres Nomor 7 Tahun 2023 ini ditandatangani Presiden pada 6 April 2023 lalu.

“BIPIH ini dipergunakan untuk biaya penerbangan, akomodasi, konsumsi, transportasi, pelayanan di Arafah, Mudzalifah, dan Mina, juga untuk perlindungan, pelayanan di embarkasi atau debarkasi, pelayanan keimigrasian, premi asuransi dan perlindungan lainnya meliputi dokumen perjalanan, biaya hidup (living cost), pembinaan jemaah haji di tanah air dan Arab Saudi, pelayanan umum di dalam negeri dan Arab Saudi, dan pengelolahan BPIH,” jelas Latuconsina.

“Untuk itu kami harapkan kepada jemaah haji tahun 2023 agar segera untuk melunasi BIPH sesuai waktu yang telah kami sampaikan,” sambungnya.

Selain itu, Kepala Bidang Bimbingan Masyarakat Islam Kanwil Kemenag Provinsi Maluku ini juga mengharapkan agar jemaah mempersiapkan dokumen perjalanan seperti paspor dan biometrik yang pelaksanaannya sudah berjalan di seluruh Kantor Kemenag Kabupaten/Kota di Maluku.

Jemaah haji juga diimbau agar melindungi diri dengan vaksin meningitis dan vaksin covid booster untuk mencegah masuknya penyakit atau virus dalam tubuh.

Dan terakhir, jemaah khususnya di Maluku agar menjaga kesehatan dan senantiasa memeriksakan diri di Puskesmas terdekat dan sering berolahraga untuk melatih diri agar lebih siap untuk melaksanakan ibadah haji nanti.

“Semoga Allah SWT melindungi dan memberikan kesehatan, umur Panjang kepada kita semua agar dapat melaksanakan ibadah haji nanti,” harapnya. (CIK)

  • Bagikan