Pengamat Akui Bodewin Layak Lanjutkan

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Penjabat Walikota Ambon, Bodewin Wattimena dinilai layak untuk melanjutkan program-program sebagai penjabat Walikota Ambon periode lanjutan.

Penilaian tersebut disampaikan Pengamat Politik asal Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan Universitas Pattimura, Poly Koritelu, kepada Rakyat Maluku, Rabu 5 April 2023. “Setahun menjabat sebagai Penjabat Walikota Ambon, Bodewin Wattimena layak untuk melanjutkan kepemimpinannya di periode penugasan kedua,” jelasnya.

Dikatakan, ada tiga nama yang dikirim ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yaitu Bodewin Wattimena yang sementara menjabat, Agus Ririmasse, Sekretaris Kota Ambon dan Matheos Tan yang merupakan Direktur Penataan dan Administrasi Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI.

”Secara substansial, mereka masing-masing punya kelebihan pada posisinya yang sekarang.
Mereka punya nilai lebih yang mungkin tidak dimiliki yang lain. Mereka juga punya kriteria dan kualifikasi tertentu sehingga bisa diusulkan oleh DPRD Kota Ambon. Namun demikian dalam rangka memahami dinamika tata kelola pemerintahan pada tingkat Kota Ambon saya kira Bodewin Wattimena punya kapabilitas yang lebih,” akui Koritelu kepada koran ini di Ambon, Rabu 5 April 2023.

Hal itu, lanjutnya lagi, karena Bodewin terbiasa untuk dinamika pelayanan tertentu di tingkat birokrasi pemerintahan pada jabatan yang sekarang.

“Karena itu saya tidak mengatakan bahwa dua calon yang lain tidak punya kapabilitas. Tidak seperti itu, namun dalam masa transisi kepemerintahan yang saat ini Bodewin masih layak untuk melanjutkan. Dan bukan hanya itu, karena kebiasaannya, selama satu tahun untuk mengelola tatanan birokrasi yang rumit, Bodewin telah menunjukannya dan belim terlihat oada dua kandidat yang lain,” paparnya.

Dirinya membandingkan dengan Sekretaris Kota Ambon, Agus Ririmase yang secara jenjang dan struktur, mestinya harus masih tetap ada di bawah seorang penjabat walikota.

“Sehingga sekali lagi saya katakan bahwa dari sisi kebiasaan mengelolah pemerintahan, yang terlihat lebih menonjol ada pada pak Bodewin. Bukan saya meremehkan yang lain, tapi itu karena yang mengatur dinamika pemerintan Kota Ambon saat ini adalah Bodewin Wattimena,” pungkas dia. (SSL)

  • Bagikan